Mitos-mitos Bunga Matahari yang Unik

48

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bunga matahari banyak disukai orang karena memiliki mahkota berwarna kuning terang yang bersinar. Di balik keindahannya, ternyata bunga matahari menyimpan beberapa mitos.

Berbagai mitos bunga matahari ini pun terbilang unik dan kebanyakan justru dipercaya masyarakata. Bagi yang penasaran dengan mitosnya, simak ulasan yang dari berbagai sumber ini:

1. Wujud Jelmaan Peri Patah Hati

Dalam mitologi Yunani, ternyata bunga matahari ini diyakini sebagai jelmaan dari sosok Nimfa alias bidadari atau peri wanita bernama Clytie. Alkisah, Clytie menyukai dewa matahari bernama Helios.

Clytie bertekad menunjukkan bentuk cinta sejati kepada Helios dengan setia menunggu Helio di satu tempat yang sama tanpa pernah berpindah. Sayangnya, lama-lama akar mulai tumbuh di kaki Clytie.

Baca Juga :   Tak Sengaja Pakai Baju Terbalik? Ternyata Mitosnya...

Tubuhnya pun berubah menjadi batang pohon dan kecantikan wajahnya menjelma menjadi bunga cantik yang selalu menghadap ke arah matahari.

2. Pembawa Keberuntungan

Keindahan yang dipancarkan bunga matahari dipercaya membawa keberuntungan bagi siapapun yang memilikinya.

Keberuntungan ini dipercaya karena bunga matahari tidak bisa sembarangan dirawat dan tidak bisa tumbuh di sembarang tempat.

3. Dianggap Tanaman Suci

Suku Inca Kuno di Peru memperlakukan tanaman ini sebagai tanaman suci karena melambangkan dewa Matahari.

Dan pada akhir abad ke-16, bunga matahari pertama kali diperkenalkan ke Eropa oleh beberapa penjelajah Spanyol dan sejak saat itu, budidayanya mulai menyebar ke seluruh dunia. (trj)