Komunitas Vespa ‘Dukun’ akan Keliling Makam Wali Sebelum ke GOR Sidoarjo

288

Pasuruan (WartaBromo.com) – Semarak Harlah 1 Abad NU di GOR Delta Sidoarjo disambut meriah oleh para Nahdliyyin di berbagai daerah.

Dukun adalah singkatan dari Guyub dan Rukun. Sebuah akronim yang diberikan oleh Wakasatkornas Banser, Irsyad Yusuf yang bertujuan memudahkan untuk diingat buat komunitas Vespa yang akan ikut menghadiri gelaran Harlah 1 Abad NU.

Hari ini, puluhan kendaraan antik tersebut diuji coba mesinnya di Pendopo Kabupaten Pasuruan.

“Kami ingin menghayu bagyo, memeriahkan satu abad NU dengan ratusan skuter. Kami akan berangkat dari GOR Raci-Bangil. Sebelum ke Sidoarjo, kalau ada kesempatan kami akan ke makam-makam waliyullah yang ada di Pasuruan dulu,” ujar Agus Hari Wibawa, Koordinator “Dukun” Vespa Pasuruan.

Baca Juga :   Semarakkan Kemerdekaan, Cak Thoriq Pilih Naik Vespa Ketimbang Mobil Dinas

Ratusan skuter Vespa ini akan berangkat pada Senin pagi (6/2/2023). Sebelum menuju tour de 1 abad NU, para skuter akan keliling ke makam-makam waliyullah yang ada di Pasuruan. Seperti Mbah Segoro Puro, Mbah Semendi, KH Abdul Hamid. Baru setelah itu, mereka akan touring menuju ke GOR Sidoarjo.

“Antuasiasme warga nadliyin Pasuruan dan Bangil memang sangat tinggi. Banser yang ikut koreografi dari Pasuruan saja 2.000 orang. Nantinya yang bisa masuk ke GOR memang dibatasi,” tegas Gus Irsyad Yusuf.

Untuk diketahui, peringatan satu abad NU akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu juga para ulama, kiai dan Habaib. Panitia juga telah menyiapkan sebanyak 80 layar lebar yang tersebar di lokasi. Sejumlah musisi kondang siap menyemarakkan acara tersebut. Seperti Rhoma Irama, Slank, Maher Zain, komedian Cak Lontong dan Akbar dan banyak lagi tallent lainnya. (day/yog)