Gandeng CCEP di Peringatan 1 Abad NU, Unusa Surabaya Galang 1500 Relawan Bersih Sampah

211
Gandeng CCEP di Peringatan 1 Abad NU, Unusa Surabaya Galang 1500 Relawan Bersih Sampah

Surabaya (WartaBromo.com) – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menerjunkan 1.500 relawan Pasukan Semut untuk melakukan aksi bersih sampah pada peringatan satu abad NU di GOR Delta Sidoarjo, pada Selasa 7 Februari 2023.

“Peringatan yang dihadiri jutaan orang itu pasti akan meninggalkan banyak sekali sampah dan kami ingin mengambil peran yang tidak biasa dilakukan oleh banyak orang,” kata Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng usai apel siaga Pasukan Semut di kampusnya, Senin 6 Februari 2023.

Aksi Pasukan Semut Unusa, kata dia, berlangsung pada Selasa (7/2) malam ketika acara telah selesai. Sebanyak 1.500 relawan yang berasal dari mahasiswa, dosen, dan karyawan itu akan bergerak memunguti sampah di Jalan Ponti dan Jalan Pahlawan Sidoarjo.

Baca Juga :   1 Abad, Ratusan Kader NU akan Napak Tilas Jalan Kaki Pasuruan - Sidoarjo

Relawan dibagi 6 orang per regu dan dibekali 3 jenis kantong untuk mendukung proses pemungutan dan pemilahan sampah. Kantong warna merah untuk sampah basah, warna kuning untuk sampah kering, dan warna hitam untuk sampah plastik. “Pemilahan ini dilakukan agar mereka yang akan memanfaatkan dan menggunakan sampah untuk dilakukan proses daur ulang sudah terpilah dengan baik,” kata dia.

Menurut dia, kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dalam pengelolaan sampah secara tepat. Harus diakui persoalan sampah terus meningkat seiring meningkatnya aktivitas masyarakat. Sehingga dalam proses pengelolaan dan penangannya diperlukan dukungan dan kolaborasi antar kelompok masyarakat.

Gandeng CCEP Indonesia Daur Ulang Plastik PET

Pasukan Semut Unusa berkolaborasi dengan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) untuk menangani sampah yang dikumpulkan pasca peringatan satu abad NU di Sidoarjo. Sampah yang terkumpul di plastik hitam akan dipusatkan di titik tertentu dan dijemput untuk dikirimkan ke fasilitas daur ulang.

Baca Juga :   Ramaikan 1 Abad NU, Yuk Beli Pernak-perniknya di Sini

“Botol-botol bekas yang terkumpul akan kami salurkan ke PT Amandina Bumi Nusantara untuk didaur ulang menjadi botol PET (Polietilena tereftalat) siap pakai,” kata Regional Corporate Affairs Manager Armytanti Hanum Kasmito.

PT Amandina Bumi Nusantara merupakan perusahaan patungan CCEP Indonesia yang bergerak di bidang daur ulang plastik PET di Bekasi, Jawa Barat. Fasilitas itu merupakan inisiatif memperkuat komitmen CCEP Indonesia dalam pengurangan sampah plastik di Indonesia.

Menurut dia, fasilitas daur ulang tersebut memproduksi PET daur ulang berkualitas food grade. Artinya, tak hanya ramah lingkungan, produk yang dihasilkan telah memenuhi standard keamanan pangan. “PET yang dihasilkan aman untuk kemasan minuman,” katanya.

Ia mengapreasi langkah sivitas akademik Unusa membetuk relawan aksi bersih sampah pada peringatan satu abad NU di Sidoarjo. Harapannya, kegiatan ini bisa ditingkatkan dalam kolaborasi antar kelompok masyarakat. (asd)

Baca Juga :   Siap-siap Harlah 1 Abad, Ini 3 Fakta Penting Organisasi Islam Nahdlatul Ulama