Mitos Malam Jum’at Kliwon yang Bikin Merinding, Kamu Percaya?

686

Pasuruan (WartaBromo.com) – Malam Jum’at kliwon selalu menjadi hari yang dirasa menyeramkan. Pasalnya, sejak turun temurun cerita tentang hal-hal mitos cenderung dikaitkan dengan malam Jum’at kliwon.

Tak hanya itu, para sesepuh pun kerap menjadikan malam Jum’at kliwon sebagai waktu sakral untuk melakukan ritual gaib. Diantaranya seperti sesajen, ruwatan, semedi, dan lain sebagainya.

Dari itulah malam Jum’at kliwon dianggap sebagai waktu sakral dan dipercaya banyak kaitannya dengan hal gaib. Apa saja?

Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Malam Penuh Kekutan Magis

Mitos malam Jum’at kliwon yang pertama adalah dipercaya sebagai malam sakti. Para leluhur percaya di malam ini memiliki kekuatan magis yang sangat besar.

Baca Juga :   Benarkah Kucing Bisa Melihat Hantu? Yuk, Simak Penjelasannya

Klaim ini muncul karena malam Jum’at kliwon banyak disukai makhluk tak kasat di mata. Dimana kemunculan makhluk inilah yang dipercaya sebagai penghantar kekuatan magis.

2. Waktu Sakral Bagi Arwah Leluhur Pulang

Percaya atau tidak, tak sedikit orang-orang terdahulu menganggap di malam Jum’at kliwon arwah leluhur banyak yang pulang.

Maka, tidak heran lagi jika ada masyarakat yang melakukan ‘penyambutan’ dengan menyajikan sesajen untuk para leluhur.

3. Waktu Tepat untuk Mengirim Santet

Mitos yang sering terdengar di telinga masyarakat adalah, malam jumat kliwon sebagai malam yang tepat untuk mengirim santet.

Ini karena pada malam tersebut dianggap memiliki banyak energi gaib sehingga santet akan mudah sampai.

Baca Juga :   3 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Demi Mencegah Kesialan Hidup, Kamu Percaya?

Ketiga mitos malam Jum’at kliwon yang ada di atas boleh dipercaya atau tidak ya, Bolo. Sebab semua mitos yang ada hanyalah berasal dari turun temurun sehingga tak bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. (trj)