Tips Agar Atap Rumah Tidak Terbang Terkena Angin Kencang di Musim Hujan

748

Pasuruan (WartaBromo.com) – Peristiwa hujan disertai angin kencang baru-baru ini menimbulkan rumah warga di beberapa wilayah Pasuruan rusak parah. Ada yang rumahnya roboh hingga atap terbang terbawa angin.

Berkenaan dengan hal itu, ada sejumlah tips agar atap rumah tidak terbang terkena angin kencang yang bisa Bolo Warmo terapkan.

Berikut informasi lengkap mengenainya:

1. Lakukan Pemeriksaan Kondisi Atap Rumah

Tips agar atap rumah tidak terbang terkena angin kencang di musim hujan yang pertama adalah lakukan pemeriksaan kondisi atap rumah secara rutin. Khususnya untuk memeriksa kondisi paku perekat dan kebocoran pada atap.

Bila ditemukan adanya kerusakan pada komponen atap, maka segera lakukan perbaikan atau penggantian. Tujuannya supaya atap lebih kuat dalam menghadapi tekanan angin yang datang.

Baca Juga :   Waspada! Ada Peningkatan Sambaran Petir

2. Gunakan Genteng Metal

Berikutnya, untuk mengantisipasi tiupan angin kencang terlebih di musim penghujan, maka pemilik hunian perlu juga untuk mempertimbangkan jenis atap yang digunakan.

Mengenai hal ini atap dengan bahan genteng metal sangat direkomendasikan untuk dipergunakan. Pasalnya, atap dengan bahan ini fleksibel dan memiliki ketahanan yang lebih baik, terutama ketika terkena terpaan angin kencang.

3. Perhatikan Tingkat Kemiringan Atap

Terakhir, namun yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kondisi tingkat kemiringan atap yang ada pada rumah.

Jika kebetulan tinggal di kawasan yang rawan tiupan angin kencang, maka lebih baik jika desain rumah dibuat dengan atap yang berbentuk landai.

Sebab, apabila semakin curam tingkat kemiringan atapnya, maka tekanan angin akan semakin besar, dan bisa memiliki potensi kerusakan seperti atap terbang atau berantakan.

Baca Juga :   Tenda Pawai Ambruk Diterjang Angin Kencang, Karnaval Tetap Lanjut

Jadi itulah tadi tips agar atap rumah tidak terbang terkena angin kencang yang biasanya melanda di musim penghujan. Bolo Warmo bisa menggunakan tips-tips di atas sebagai persiapan. (trc/trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.