Sering Diburu di Masa Kecil, Ternyata Ini Manfaat Buah Cerme Bagi Kesehatan

306

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hampir semua orang pernah berburu buah cerme saat kecil. Selain rasanya yang manis, buah satu ini juga terkenal memiliki manfaat bagi kesehatan.

Buah cerme memiliki bentuk bulat dengan kulit yang keras dan berwarna putih tulang. Ada juga yang berwarana coklat maupun hijau tergantung bibitnya.

Daging buah cerme berwarna putih dengan rasa manis yang lezat menjadikan buah ini sering diburu. Tak hanya itu, ada berbagai manfaat bagi kesehatan bila dikonsumsi.

Apa saja? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah cerme kaya akan serat dan vitamin C, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sehingga buah ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga :   Tiga Warga Lumajang Positif Corona, hingga Physical Distancing akan Diperluas ke 17 Kecamatan Wilayah Pasuruan | Koran Online 30 Maret

Selain itu, buah cerme juga mengandung antioksidan yang membantu menjaga kesehatan sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Berfungsi Sebagai Diuretik

Manfaat buah cermai lainnya yang tak kalah penting adalah berfungsi sebagai diuretik. Apa itu diuretik?

Yakni merangsang tubuh agar dapat menyerap lebih banyak cairan dan memperlancar proses pembuangannya. Dengan begitu, racun-racun yang ada di dalam tubuh tidak menumpuk.

3. Menjaga Berat Badan Tubuh

Buah cermai termasuk ke dalam buah dengan kandungan kalori yang rendah. Tidak heran jika banyak orang yang gemar mengkonsumsi cerme sebagai buah untuk diet.

Menurut penelitian, buah cerme memang cocok untuk diet karena kandungan kalorinya hanya sekitar 44 kalori untuk setiap 100 gram-nya. (trj)