Dua alat Berat Didatangkan, Penyebab Longsor Tebing Pura Wonokitri Karena Hujan Lebat

614

Tosari (WartaBromo.com) – Warga kesulitan untuk mengevakuasi material longsor yang terjadi di Pura Kerti Jaya Buana Dusun Sanggar, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan, Senin (6/3/2023). Setelah lama menunggu akhirnya dua alat berat dikerahkan untuk mengevakuasi material longsor.

Hendi Candra Wijaya, Camat Tosari mengatakan, pihaknya telah berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten untuk melakukan evakuasi material longsor. Kali ini, dua alat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsor yang menutup jalan desa.

“Dua alat berat ini dikerahkan dari Perkim. Kesulitan kan soalnya ini banyak material baru pondasi,” kata Hendi, saat melihat langsung lokasi longsor.

Menurutnya, material yang didominasi oleh batu tersebut sulit dievakuasi oleh warga. Puluhan warga juga nampak bergotong-royong untuk membersihkan material.

Baca Juga :   Diguyur Hujan Berjam-jam, Tiga Wilayah di Tosari Longsor

“Kalau warga sudah terjun dari awal untuk kerja bakti,” tuturnya.

Hendi juga menjelaskan, penyebab longsor di tebing penahan pure di wilayah Wonokitri itu karena intensitas hujan yang tinggi.

“Intensitas hujan tinggi. Jadi resapan air masuk sehingga terjadilah longsor,” ungkapanya.

Sekedar diketahui, tanah longsor kembali terjadi di wilayah Kabupaten Pasuruan. Kali ini, di Kecamatan Tosari, tanah longsor menguruk halaman rumah warga. Peristiwa tersebut menyebabkan teras rumah warga terkena material longsor pada Minggu (5/3/2023) sore. (don/yog)