BRIN Pasuruan Ditutup, Rukyatul Hilal Ramadan akan Pindah Ke Sini

585
Kantor LAPAN di Catat, Gempol, Kabupaten Pasuruan. Lembaga pemantau antariksa ini ditutup setelah hampir setengah abad beroperasi.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Pasuruan telah melebur menjadi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Pasuruan pada awal Februari 2023 lalu. Lembaga yang sudah beroperasi selama 39 tahun sejak berdiri pada September 1983 tersebut kini sudah ditutup dan tidak lagi beroperasi.

Lokasi yang biasa digunakan sebagai tempat Rukyatul Hilal dalam menentukan awal Ramadan tersebut kini sudah tidak bisa digunakan lagi.

Kemenag Kabupaten Pasuruan akhirnya harus mencari tempat strategis lain untuk bisa melakukan Rukyatul Hilal.

Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Pasuruan Bahrul Ulum saat dikonfirmasi mengatakan, Rukyatul Hilal yang akan digelar pada Rabu, 22 Maret 2023 akan dipindahkan ke Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah di Jl. Raya Raci No.51, Panumbuan, Raci, Kecamatan Bangil.

Baca Juga :   Mudik ke Pasuruan, Inilah 10 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi

“Rencana (pindah) di Ponpes Darullughah Wadda’wah (Dalwah). Besok pada Rabu 22 Maret 2023,” papar Bahrul saat dikonfirmasi melalui jaringan WhatsApp, Selasa (21/3/2023).

Bahrul menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan survei spot baru di beberapa gedung lantai 10 Ponpes Dalwah.

“Ini kami masih cari spot baru di gedung Dalwah,” tambahnya. (lio/yog)