Tips Mengelola Uang THR agar Tak Cepat Habis

130

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mendekati hari raya Idul Fitri, pasti sebagian orang sudah membuat rencana anggaran uang THR. Tak heran bila banyak yang mencari tips mengelola uang THR agar tak cepat habis.

Hal itu disebabkan karena kebanyakan orang kalap dalam menggunakan uang THRnya. Akibatnya, belum usai hari raya Idul Fitri, uang THR habis dan banyak kebutuhan sehari-hari tak tercukupi.

Nah, agar tidak mengalami hal seperti itu, berikut ada tips mengelola uang THR agar tak cepat habis yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Investasikan Sebagian Uang THR

Tips pertama adalah menginvestasikan uang THR. Pilih investasi dengan risiko kerugikan kecil, seperti reksadana pendapatan tetap, tanam saham atau emas batangan.

Baca Juga :   Maksimalkan Gapai Pahala dengan Memperhatikan Adab Berpuasa di Bulan Ramadhan

Bila tak cukup berani berinvestasi maka tabung uang THR. Tabung uang tersebut bisa dijadikan sebagai dana darurat sehingga dapat memenuhi kebutuhan tak terduga di masa depan.

2. Tekan Hasrat Belaja Online

Menjelang hari raya Idul Fitri banyak orang yang tergiur dengan belanja online. Sebab, banyak marketplace yang memberikan diskon spesial Ramadan.

Keadaan ini tentu akan semakin membuat kalap untuk belanja habis-habisan. Jika sudah begitu, tanpa disadari uang THR langsung hilang dalam sekejap.

3. Alokasikan Sebagian Uang THR untuk Sedekah

Dalam agama manapun, utamanya Islam pasti menganjurkan penganutnya untuk bersedekah. Adapun dijelaskan dalam sebuah maqolah, sedekah yang diberikan dengan ikhlas bisa mendatangkan rejeki berkali-kali lipat.

Baca Juga :   Tips Bercinta di Bulan Ramadan Agar Tetap Bisa Ikut Tarawih dan Tadarus

Selain bersedekah, sisakan uang THR untuk membayar zakat. Selalu siapkan dana untuk membayarkan beragam kewajiban, termasuk membayar zakat. (trj)