Sempat Molor, Jembatan Gladak Perak di Lumajang Rampung Dibangun

243
Sempat Molor, Jembatan Gladak Perak di Lumajang Rampung Dibangun
Jembatan Gladak Perak, Foto: Dok. Thoriqul Haq.

Lumajang (WartaBromo.com) – Gladak Perak yang sempat terputus diterjang erupsi Semeru beberapa waktu lalu, kini sudah rampung. Warga segera bisa melewati kembali jembatan tersebut.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengungkapkan jembatan Besuk Kobokan atau yang populer dengan nama Gladak Perak ini belum diresmikan. Namun sudah dipastikan segera bisa dilewati sebagai akses jalan Lumajang – Malang dan sebaliknya.

“Sekarang ini memang belum diresmikan. jadi Balai Besar Jalan Nasional masih menunggu konfirmasi dari Kementerian kapan jalan ini akan diresmikan, tetapi karena ini sudah diuji layak, artinya harapannya jembatan ini sudah bisa dikerjakan meskipun dengan status uji coba,” jelas Cak Thoriq dilansir dari situs resmi Pemkab Lumajang.

Baca Juga :   Pabrik Milik MS Glow Grup di Sukorejo Dilarang Beroperasi hingga Ganjar Didukung Relawan Jokowi | Koran Online 18 Sep

Cak Thoriq berharap jika jembatan ini bisa segera diresmikan. Supaya warga bisa segera mengakses jembatan penghubung ini.

“Sudah dipastikan sebelum hari raya ini dipastikan full fungsi atau bisa digunakan secara penuh,” lanjutnya.

Sekadar diketahui, jembatan gladak perak ini putus pada 5 Desember 2021 lalu saat erupsi Semeru. Pemerintah kemudian membangun kembali jembatan legendaris ini.

Sembari menunggu, pemerintah membuat jembatan gantung darurat, untuk memudahkan mobilisasi warga. Sementara untuk pembangunan jembatan permanen, ditarget rampung pada akhir 2022 lalu. Namun karena cuaca dan aktivitas Semeru yang juga sempat aktif kembali, pembangunan pun molor dari target.

“Kami jajaran Forkopimda Lumajang, mengucapkan terima kasih kepada pak Presiden, dan Kementerian PUPR, jembatan ini sungguh sangat berarti bagi kami karena sebagai akses Lumajang – Malang dan untuk kelancaran ekonomi masyarakat,” tandasnya. (may/asd)