Arus Mudik di Jatim Sudah Melandai, Diperkirakan Kembali Naik pada H+1 Lebaran

50

Pasuruan (WartaBromo.com) – Arus mudik Lebaran 2023 di wilayah Jawa Timur (Jatim) mulai melandai. Pasalnya, puncak arus mudik sudah terlewati sejak Selasa, 18 April 2023.

Kapolda Jawa Timur, Irjen. Pol. Toni Harmanto mengatakan bahwa puncak arus mudik sudah terjadi pada 18 April 2023 dengan kenaikan volume kendaraan mencapai 50 persen.

“Alhamdulillah, di Jatim 2 hari lalu itu puncaknya, di mana ada penambahan di atas 50 persen. Jadi saat ini sudah mulai melandai,” papar Toni saat memantau Pos Yan Masjid Cheng Ho di Pandaan, baru-baru ini.

Menurutnya, kondisi tersebut tidak lepas dari himbauan pemerintah bagi masyarakat agar mudik lebih awal dengan beberapa kebijakan termasuk adanya fasilitas mudik gratis.

Baca Juga :   Jatim Siapkan Truk Sembako Saat Ramadhan dan Lebaran

“Ini sangat membantu dalam mengurai kepadatan arus mudik. Kedua, terimakasih Bu Gubernur Jatim yang telah memfasilitasi mudik gratis bagi masyarakat,” imbuh Toni.

Selanjutnya, ia memperkiraan volume kendaraan akan naik lagi di hari pertama dan kedua Lebaran. Hal itu karena tempat-tempat wisata yang akan diperkirakan ramai pengunjung.

Seperti diketahui sebelumnya, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, selain mengimbau warga Jatim melakukan mudik lebaran lebih awal, ia juga menyediakan angkutan mudik gratis bagi warga Jatim.

Program mudik gratis itu sudah dilakukan sejak tanggal 18 April 2023 dan 19 April 2023. start di mulai dari Anjungan Jatim, TMII Jakarta hingga menuju ke berbagai daerah Jatim. (lio/yog)