Cara Meraih Itqun Minan Nar di Penghujung Ramadan

190

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tidak terasa bulan Ramadan 1444 Hijriah tahun ini sudah berada di penghujung bulan. Artinya, umat Islam yang menuaikan ibadah puasa pun tidak lama lagi bakal berpisah dengan bulan suci Ramadan.

Pasalnya, di penghujung bulan Ramadan akan ada satu malam istimewa, yang lebih mulia daripada 1000 bulan, yakni malam Lailatul Qadar. Pada malam itu, Allah membebaskan umat muslim yang berpuasa dan pembebasan dari siksa api neraka (Itqun Minan Nar)

Sudah semestinya Bolo memohon kepada Allah agar diperbagus ibadahnya, ditambahkan kekhusyukan dan keikhlasan dalam meraih ridha-Nya. Berikut ini dilansir dari kemenag.id cara meraih Itqun Minan Nar di penghujung Ramadan:

Baca Juga :   Hukum Onani Saat Puasa dalam Kitab Raudhatut Thalibin wa Umdatul Muftin

1. Perpanjang Shalat Malam

Pada malam penghujung Ramadan, Rasulullah SAW menghidupkan malam-malam dengan beribadah shalat, zikir, dan lain-lain hingga waktu fajar. Sebagaimana penuturan Aisyah RA

“Rasulullah SAW biasa ketika memasuki 10 Ramadan terakhir, beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Perbanyak Sedekah

Memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan, meningkatkan sedekah merupakan salah satu ungkapan rasa syukur atas nikmat dipertemukan dengan Ramadan. Selain itu, memperbanyak sedekah dapat menyempurnakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya.

3. Tingkatkan Membaca Al-Qur’an

Memasuki penghujung Ramadan pentingnya memanfaatkan setiap Ibadah yang kita lakukan, terutama meningkatkan membaca Al-Qur’an. Sebab, membaca Al-Qur’an akan menjadikan keutamaan pahala serta ketenangan hati bagi kita.

Baca Juga :   Keistimewaan Umat Rasullah, Umat Muslim Wajib Simak

Nah, itu tadi cara meraih Itqun Minan Nar di penghujung Ramadan, semoga bermanfaat dan ibadah kita mendapatkan karunia-Nya serta rahmat-Nya. (tra/trj)