Pemkot Pasuruan Berikan Bantuan Pangan Sebanyak 872 KRS di 4 Kecamatan

151

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan terus mengupayakan penurunan angka stunting di Kota Pasuruan. Salah satunya dengan memberikan bantuan pangan kepada Keluarga ber-Risiko Stunting (KRS).

Bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak & Keluarga Berencana (DP3AKB), Pemkot Pasuruan menggelontorkan sebanyak 872 bantuan pangan untuk para KRS di empat kecamatan.

“Kita ingin menurunkan prevalensi stunting, saat ini angka stunting kita mencapai 21,1% dan kita memiliki target turun menjadi 14%. Syaratnya bisa turun kalau kita semua mengkonsumsi sayuran dan makanan yang bergizi,” terang Gus Ipul di Gedung Gradika Kota Pasuruan, Rabu (03/05/2023).

Menurutnya, resiko stunting yang tengah terjadi bisa jadi dari kurangnya pemenuhan nutrisi, daya dukung sanitasi dan pola hidup kesehariannya.

Baca Juga :   Terduga Maling Motor Tewas Usai Ditangkap Polisi hingga Belasan Tambang Dilaporkan ke Polisi | Koran Online 25 Jan

Tak hanya itu, Gus Ipul juga menyampaikan salah satu langkah pencegahan stunting adalah dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yakni dengan meningkatkan akses terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi, serta menjaga kebersihan lingkungan.

“Sudah dua tahun saya mengajak jenengan untuk bisa hidup bersih yang dimulai dari rumah masing-masing. Saya juga tidak akan bosan untuk terus mengingatkan bersihkan toilet dan rumah njenengan,” imbuhnya.

Sebagai informasi, bantuan pangan yang diberikan kepada 872 KRS di empat kecamatan tersebut berbentuk paket. Adapun 1 paket berisi 1 kg ayam negeri dan 10 butir telur ayam. (trj/**)