Ciri-ciri Knalpot Motor Bocor yang Harus Diwaspadai Pemotor

1310

Pasuruan (WartaBromo.com) – Knalpot merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pembuangan motor. Maka, sebagai pengendara harus mengetahui ciri-ciri knalpot bocor demi keselamatan berkendara.

Berfungsi untuk mengarahkan gas buang dari mesin ke lingkungan, knalpot yang baik dapat meningkatkan performa motor.

Namun, terkadang pemilik motor menghadapi masalah knalpot bocor yang dapat mengganggu kinerja motor dan menyebabkan kerugian finansial.

Maka dari itu, penting bagi pengendara motor untuk mengenali ciri-ciri knalpot bocor agar dapat mengatasinya dengan tepat.

Lantas, apa saja ciri-cirinya? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Suara Menjadi Sedikit Brong

Salah satu ciri yang paling jelas dari knalpot motor yang bocor adalah suara yang tidak biasa.

Jika Bolo mendengar suara desisan atau semburat di sekitar area knalpot, kemungkinan besar ada kebocoran.

2. Asap Knalpot Keluar Berlebihan

Selain itu, perhatikan juga adanya tanda-tanda asap atau gas berlebih keluar dari sambungan antara knalpot dan sistem pembuangan.

Bau gas buang yang kuat juga dapat menjadi indikasi knalpot yang bocor. Maka sebelum menggunakan motor, lebih baik lakukan cek terlebih dahulu sembari memanasi mesin.

3. Mesin Sudah Tua

Ciri berikutnya adalah usia mesin motor yang sudah tua. Ini bisa jadi ciri umum knalpot bocor.

Misalnya, usia knalpot yang sudah tua atau aus, terkena benturan atau kecelakaan, atau adanya kebocoran pada sambungan antara pipa knalpot dan manifold.

Mengatasi masalah knalpot bocor dengan cepat dan tepat sangat penting untuk menjaga performa motor dan mencegah kerugian yang lebih besar.

Kalau Bolo tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam melakukan perbaikan knalpot, sebaiknya konsultasikan kepada mekanik terpercaya. (trj)