Belasan Siswa SDIT Keracunan usai Rayakan Ulang Tahun

566
Petugas medis melakukan penanganan terhadap siswa yang alami keracunan.

Kedopok (WartaBromo.com) – Belasan siswa SDIT Tahfidz Bintang di Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, harus jalani perawatan medis.

Sedikitnya 19 siswa, dirawat di IGD RSUD dr. Mochammad Saleh. Mereka diduga keracunan usai mengonsumsi minuman kemasaan, saat pesta ulang tahun salah satu siswa.

Petaka bermula ketika dua siswa kelas 4 menggelar pesta ulang tahun. Wali murid keduanya memberikan paket makanan dan minuman.

Diduga salah satu minuman teh dalam kemasan yang disumbangkan itu, kedaluarsa. Tepatnya bulan Maret 2023 kemarin.

“Waktu minum itu, ada siswa yang bilang, kok pahit ini ustadzah. Akhirnya kami sisihkan, agar minuman itu tidak dikonsumsi. Tapi ada sebagian yang terlanjur konsumsi,” jelas Kepala Sekolah SDIT Tahfidz Bintang, Trisni Asyiqah Zin, Jumat (12/05/2023).

Pihak sekolah sempat memberikan pertolongan pertama pada siswa yang keracunan. Di antaranya memberikan penawar berupa air kelapa hijau.

“Namun sesuai SOP sekolah kami, harus ada keterangan dan penanganan medis, maka kami disarankan untuk ke rumah sakit. Ada 19 siswa, sebagian sudah pulang,” imbuhnya.

Sementara itu, polisi langsung gelar olah TKP. Memeriksa sejumlah saksi, mengambil sample minuman kadaluarsa yang diduga menjadi penyebab keracunan. Serta koordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat.

“Benar tadi ada informasi keracunan itu. Satu kelas isinya 40 siswa, yang terindikasi keracunan ada 19 orang dan sudah ditangani medis. Masih kami dalami,” kata Kepala Polsubsektor Kedopok, Aiptu Eko Juli, singkat. (lai/saw/asd)