Ke KPU Nyaris Bersamaan, PKB – Demokrat Rebutan Absen

258

Mayangan (WartaBromo.com) – Pendaftaran bacaleg ke kantor KPU Kota Probolinggo, diwarnai insiden rebutan absen. Tepatnya ketika giliran PKB dan Demokrat.

Sebelum kedua partai datang, KPU masih menerima pendaftaran Partai Gerindra. Belum usai, dua kubu tadi datang.

Oleh komisioner KPU, masing-masing ketua partai sudah diberi tahu. Bahwa nantinya, PKB masuk duluan.

“Sudah kami cek juga dalam rekaman CCTV, jika yang datang duluan adalah PKB. Ya selisih sekian menita lah,” kata Komisioner KPU Kota Probolinggo Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Radfan Faisal, Sabtu (13/05/2023).

Namun praktiknya, dua kubu malah terlibat cekcok dan rebutan absen. Sama-sama ingin masuk duluan. Tepat ketika proses pendaftaran Partai Gerindra hampir selesai.

Baca Juga :   KPU Probolinggo Kembalikan Berkas Bacaleg Partai Umat

Keadaan sempat memanas, karena kedua kubu sama-sama ngotot. Sampai terjadi cekcok di depan meja absen. Beruntung tidak sampai mengarah anarkis.

Komisioner KPU pun segera turun tangan. Menengahi perseteruan itu. Hingga akhirnya, PKB masuk duluan. Sesuai dengan pengecekan pada rekaman CCTV.

Menyikapi itu, Ketum PKB, Abdul Mujib, menanggapi enteng. “Ndak begitu penting sebetulnya, tinggal tanyakan KPU saja,” katanya, singkat.

Sementara Heru Estiadi, Ketua DPD Demokrat menyebut, harusnya pihaknya yang masuk duluan. Karena lebih dulu mengisi absen.

“Tapi biar saja kami mengalah, toh sama dilayani proses pendaftaran bacalegnya,” ujarnya.

Pada Sabtu 13 Mei 2023, kantor KPU memang lebih sibuk dari biasanya. Ada 7 parpol yang terjadwal lakukan pendaftaran. Meliputi sebagai berikut.

Baca Juga :   Hari ke-12, PKS dan PAN Daftarkan Bacaleg ke KPU

1. Partai Ummat Jam 10.00.
2. PPP jam 13.00.
3. Partai Gerindra jam 13.00.
4. PKB jam 14.00.
5. Partai Demokrat jam 14.00.
6. Partai Gelora jam 15.00.
7. Partai Hanura jam 15.00.

Dimana jadwal dua parpol yang berseteru rebutan absen, berada di jadwal yang sama. (lai/saw/asd)