Cara Mengajarkan Anak Lepas Popok di Usia Tiga Tahun

100

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi ibu muda yang baru memiliki anak pasti bingung cara mengajarkan anak lepas popok, apalagi jika anak sudah menginjak usia tiga tahun. Tentu butuh referensi dan bantuan terkait cara membiasakan anak agar tak lagi menggunakan popok.

Pasalnya, memasuki usia tiga tahun anak sudah harus disiapkan untuk masuk ke usia belajar sambil bermain di PAUD nantinya. Maka, orang tua harus segera membantu dan mengajarkan toilet training pada anak.

Berikut cara yang bisa dilakukan dilansir sumber:

1. Batasi Pemakaian Popok

Mulailah untuk memulai dengan membatasi penggunaan popok pada anak, seperti hanya saat tidur malam atau ketika berada di luar rumah. Ajarkan anak untuk menggunakan toilet di luar waktu tersebut.

Baca Juga :   Mom, Cegah Stunting dengan Lakukan Hal Ini Yukk...

Mengurangi waktu penggunaan popok akan menjadi lebih baik, sehingga anak memiliki lebih banyak waktu tanpa mengenakan popok. Pembatasan ini bisa diiringi dengan memberikan pengertian kepada anak.

2. Ajarkan Membedakan Antara BAB dan BAK Secara Rutin

Cara Berikutnya adalah dengan memberikan anak pengajaran tentang perbedaan antara BAB dan BAK. Berikan pengertian secara rutin dan berkala.

Sesering mungkin ajak anak berinteraksi terkait rasa ingin buang airnya. Bantulah dengan pengecekan secara berkala di waktu-waktu tertentu.

3. Jauhkan Anak dari Popok

Terakhir adalah dengan menjauhkan popok dari jangkauan anak-anak. Sebab, di masa toilet training anak pasti butuh waktu untuk terbiasa tanpa popok, sehingga bila melihat popok pasti ingin memaikainya.

Baca Juga :   Ini 3 Cara Mengatasi Kecemasan dan Stres pada Anak

Nah, untuk itu jauhkan popok dari anak-anak. Bolo bisa menggantinya dengan memakaikan celana dalam dengan gambar lucu sesuai gender dan kesukaan anak-anak. (trj)