Kecamatan Padat Penduduk di Kabupaten Pasuruan, Bolo Sudah Tahu?

457

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kabupaten Pasuruan memiliki populasi terbesar di antara wilayah lain di Jawa Timur. Tak heran jika terdapat beberapa kecamatan padat penduduk di Kabupaten Pasuruan.

Berdasar data yang diperoleh Wartabromo dari pasuruankab.bps.go.id, kabupaten pasuruan merupakan daerah yang terdiri dari 24 kecamatan. Tercatat, pada tahun 2022, jumlah penduduk Kabupaten Pasuruan mencapai 1.619.035 jiwa.

Adapun luas wilayahnya yakni 1.474,02 km² dan sebaran penduduk sekitar 1.067 jiwa per km². Oleh karena itu, tingkat kepadatan penduduk bervariasi di setiap kecamatan. Beberapa kecamatan memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, sehingga tergolong sebagai daerah yang ramai.

Berikut adalah kecamatan padat penduduk di Kabupaten Pasuruan:

1. Kecamatan Gempol

Ternyata, Kecamatan Gempol merupakan wilayah teramai nomor 1 di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Jumlah penduduk yang tinggal di Kecamatan Gempol ini menjadi yang paling padat atau terbanyak dibandingkan dengan kecamatan lainnya.

Baca Juga :   Koran Online 18 April : Pemilih Meninggal saat Mencoblos, hingga TPS Tempat Jokowi dan Prabowo Unggul 

Secara tepat, BPS mencatat populasi penduduk di Kecamatan Gempol mencapai 130.719,00 jiwa.

2. Kecamatan Pandaan

Urutan kedua kecamatan padat penduduk di Kabupaten Pasuruan adalah Kecamatan Pandaan.

Berdasarkan data dari BPS Kabupaten Pasuruan, kepadatan penduduk di Kecamatan Pandaan mencapai 111.651,00 jiwa dalam setahun terakhir.

3. Kecamatan Kraton

Selanjutnya, kecamatan terpadat penduduk di Kabupaten Pasuruan urutan ke tiga adalah kecamatan kraton.

Berdasarkan data dari BPS Kabupaten Pasuruan, kepadatan penduduk di kecamatan Pandaan mencapai 88. 969,00 jiwa dalam setahun terakhir.

Itulah tiga kecamatan padat penduduk di Kabupaten Pasuruan. Sebagai informasi, data di atas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai update terbaru dari BPS. (tra/trj)