Tak Disangka! Ternyata Kebun Kapuk Terluas di Kota Pasuruan Ada di Kecamatan Ini

251

Pasuruan (WartaBromo.com) – Jika sektor perkebunan identik dengan Kabupaten Pasuruan, kini siapa sangka ada kebun kapuk terluas di Kota Pasuruan? Bahkan, sampai saat ini tak banyak orang yang tahu.

Kapuk masih menjadi salah satu sumber perekonomian warga, baik di Kabupaten maupun Kota Pasuruan. Tak heran jika keberadaan kebun kapuk masih dipertahankan.

Dinukil dari pasuruankota.bps.go.id, dari 4 kecamatan, hanya ada tiga kebun kapuk terluas di Kota Pasuruan. Kecamatan manakah itu?

Yuk, simak!

1. Kecamatan Gadingrejo

Kecamatan Gadingrejo dikenal sebagai kecamatan yang memiliki kebun kapuk terluas di Kota Pasuruan. Tercatat dengan luas mencapai 8,05 hektar.

Kecamatan Gadingrejo dipilih sebagai lokasi kebun kapuk terluas karena faktor-faktor tertentu, seperti ketersediaan lahan yang luas dan kondisi lingkungan yang mendukung pertumbuhan tanaman kapuk.

Baca Juga :   Tol Malang-Pandaan Kebanjiran

2. Kecamatan Bugul Kidul

Kebun kapuk terluas di Kota Pasuruan selanjutnya berada di Kecamatan Bugul Kidul. Menurut data dari BPS, adapun luasnya adalah 10,14 hektar.

Tak banyak yang tahu soal keberadaan kebun kapuk di Bugul Kidul, sehingga tak heran jika sampai saat ini jual beli kapuk masih dilakukan di kabupaten.

3. Kecamatan Purworejo

Meski tak seluas kecamatan Gadingrejo dan Bugul Kidul, ternyata kecamatan Purworejo juga masuk ke dalam catatan kebun kapuk terluas di Pasuruan.

Adalah sebesar 6,96 hektar kebun kapuk tercatat di kecamatan ini. Hanya saja akses lokasi kebun kapuk di Kecamatan Purworejo tak banyak diketahui orang.

Demikian informasi seputar kebun kapuk terluas di Kota Pasuruan. Penting diketahui, semua data di atas didapatkan dari Dinas Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan KotaPasuruan yang diupdate terakhir tanggal 11 Maret 2015. (trj)