Hadiri Wisuda SD NU, Gus Ipul: Guru Harus Penuhi 3 Syarat Ini

153

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf menghadiri Wisuda Haflah Akhirussanah Sekolah Dasar (SD) Nahdlatul Ulama (NU) Unggulan Kota Pasuruan, di Hotel Ascent Premiere, Selasa (20/06/2023).

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Gus Ipul ini menyampaikan beberapa poin penting. Salah satunya terkait para guru di SD NU yang telah berhasil memberikan bekal pendidikan yang berkualitas kepada para peserta didik.

“Saya bersyukur bisa menjadi bagian dari acara yang membahagiakan bagi banyak pihak, segenap guru dan jajaran sekolah, juga para orang tua. Tentu, kami jajaran Pemerintah Pasuruan karena para guru  telah sukses mendidik anak-anak dengan baik sehingga bisa sampai pada tahap ini,” terangnya saat menyampaikan sambutan.

Baca Juga :   Pemkot Pasuruan Siapkan 1.500 Lowongan Pekerjaan di Job Fair

Selain itu, ia memaparkan bahwa selain pendidikan umum, guru harus terampil dalam memberikan pelajaran keagamaan. Sebab, sekolah NU dan sekolah swasta pada umumnya mengajarkan anak anak sejak dini untuk selalu mengingat Tuhan Yang Maha Esa

“Pelajaran utama yang dititipkan oleh sekolah NU dan swasta lainnya yaitu mengajak anak didik untuk terus mengingat Allah sejak dini. Setelah itu bagaimana anak didik kita menggunakan nalar, akal dan otaknya untuk digunakan dengan baik sesuai dengan ajaran agama,” tegas Gus Ipul.

Maka kemudian, untuk mewujudkan suatu keberhasilan pada dunia pendidikan, lanjut Gus Ipul, ada tiga syarat yang harus dilakukan. Adapun semua syarat ini sudah pasti harus dipenuhi para jajaran tenaga pendidik demi mewujudkan generasi bangsa yang berbudi luhur.

Baca Juga :   Ditanya soal UMKM, Ini Jawaban Teno

“Guru harus terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas para tenaga pendidik, yang kedua yakni sarana dan prasana harus memadai sebagai daya dukung dalam proses belajar dan mengajar, dan yang terakhir yaitu metode belajaranya. Kalo tiga ini benar dilakukan maka sekolah bisa terus menjadi andalan,” tuturnya.

Tak hanya itu, di kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Lucky Danardono, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para guru atas bimbingan dalam proses belajar mengajar sehingga para murid dapat lulus 100 persen.

“Apresiasi ini kami sampaikan kepada Kepala Sekolah SD NU dan jajarannya yang telah mengabdikan diri sehingga pada kesempatan ini para anak didik bisa lulus 100%. Diharapkan ini akan terus akan berlanjut untuk kedepannya,” ujar Lucky.

Baca Juga :   Pemkot Pasuruan Gelar Upacara Bersarung di Hari Santri

Sebagai informasi, wisuda Hafrah Akhirussanah SD NU Unggulan ini diikuti oleh 110 siswa tahfidz dan 54 siswa kelas 6.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Lucky Danardono, dan Ketua NU Kabupaten Pasuruan KH Imron Mutamakkin. (trj/**)