Pedagang Korban Kebakaran Pasar Karangketug Akan Dibangunkan Kios Semi Permanen

156

Pasuruan (WartaBromo.com) -Para Pedagang yang menjadi korban kebakaran Pasar Karangketug dalam waktu dekat tidak akan lagi berjualan di bawah tenda darurat. Pemkot akan segera membangun kios semi permanen untuk tempat mereka berjualan.

Kepala UPT Pasar Kota Pasuruan, Luthfan Asysyam mengatakan, kios semi permanen tersebut akan dibangun di lokasi yang terdampak kebakaran.

“Pembangunannya sudah pasti. Kapasitasnya sesuai jumlah pedagang yang terdampak kebakaran kemarin,” kata Luthfan, Selasa (27/06/2023).

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Pasar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan, Slamet Riyadi mengatakan, pembangunan kios akan segera dikerjakan bulan ini.

Menurut Slamet, dalam perencanaan, bangunan kios tersebut untuk kapasitas 80 pedagang. Pekerjaan akan memakan waktu 60 hari.

Baca Juga :   Tekan Penyebaran Covid-19, Pemkot Pasuruan Bentuk 3 Tim Penggerak Terpadu

“Tanda tangan kontrak tanggal 27 Juni. Jadi kira-kira bulan September bisa ditempati,” ujar Slamet.

Sementara itu, untuk revitalisasi Pasar Karangketug, menurut Slamet membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Besarnya sekitar Rp7 miliar.

Pemkot saat ini tengah mengajukan proposal ke Kementerian Perdagangan untuk revitalisasi Pasar Karangketug. Rencananya pemkot akan membangun hanggar seperti yang telah dibuat di Pasar Kebonagung dengan kapasitas diperkirakan bisa menampung 200 pedagang.

“Pengajuannya Rp7 miliar. Disetujui berapa, kita belum tahu menunggu dari Kementerian Perdagangan,” imbuh Slamet. (tof/yog)