Kulit Hewan Kurban Bisa Dijual di Sini

127

Panggungrejo (WartaBromo.com) – Berkah dirasakan oleh pengepul hewan kurban asal Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan saat Hari Raya Idul Adha. Ia mengaku penjualan meningkat dibandingkan tahun lalu.

Muhammad Khilmi, salah satu pengepul tersebut mengatakan, momen idul adha menjadi berkah tersendiri baginya. Setiap hari H lebaran kurban, ia bisa mendapatkan 5 ton lebih kulit sapi hingga ratusan lembar kulit kambing.

“Ramainya itu hari H kemarin, banyak yang kesini. Kalau sekarang ya ada aja tetap banyak,” kata Khilmi saat ditemui di gudang tempat pengolahan kulit kurban tersebut, Jumat (30/6/2023).

Menurutnya, karyawan di tempatnya bisa memilah dan memproses kulit kurban hingga malam lahir. Tergantung banyaknya warga yang menjual kesini.

Baca Juga :   Berkah Idul Adha, Pengepul Kulit Sekali Kirim Bisa 6 Ton

“Sampai malam hari mas. Kalau prosenya dikeringkan dengan garam, terus tinggal nunggu aja,” tuturnya.

Pria yang sudah berbisnis sebagai pengepul kulit hewan kurban itu mengatakan jika penjulaan tahun 2023 ini lebih meningkat dibandingkan tahun yang lalu. Sudah tidak adanya Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) membuat para warga banyak yang menjualnya.

“Kalay tahun itu, cuma 8 ton. Kalau tahun ini bisa sampai 15 ton kirimnya, meningkat sekitar 80 persen dari tahun sebelumnya,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk harga per lembar kulit kambing dihargai sebesar Rp32 ribu. Sedangkan untuk kulit sapi ia harga Rp7000 per kilonya.

“Kirimnya ke magetan, paling nggak seminggu setelah hari raya idul adha,” tuturnya.

Baca Juga :   Berkah Idul Adha, Pengepul Kulit Sekali Kirim Bisa 6 Ton

Abdul Halim (51), warga dari Kelurahan Purworejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan mengatakan, pendapatan kulit hewan kurban kali ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Saya keliling ya mencari kulit-kulit hewan kurban dari beberapa daerah, lebih banyak memang dari tahun sebelumnya,” kata Halim. (don/yog)