Keren! Pelajar Disabilitas Kota Pasuruan Wakili Jatim ke Peparpenas di Palembang

171

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pelajar disabilitas asal Kelurahan/Kecamatan Purworejo berhasil mewakili Kota Pasuruan dalam ajang Peparpenas (Pekan Paralympic Pelajar Nasional). Kejuaraan itu akan digelar di Pelembang, Sumatera Selatan pada bulan Agustus 2023 mendatang.

Ia adalah Muhammad Farhan (18), Disabilitas Intelektual asal Jalan Erlangga itu berhasil mewakili Kota Pasuruan usai menyabet 2 medali emas di kategori lomba lari 100 meter dan lompat jauh di Peparpeda (Pekan Paralympic Pelajar Daerah) yang digelar bulan Juli 2022 tahun lalu.

Selain itu, pelajar kelas 1 di SMK Salahudin Kota Pasuruan itu juga berhasil mendapatkan perak di kategori lomba lari 400 meter. Raihan 2 emas dan 1 perak itu mengantarkannya ke pekan olahraga di kancah nasional mewakili Jawa Timur.

Baca Juga :   Cungkrang, Prasasti Cikal Bakal Pasuruan

Neny Hidayati (51), Ketua NPCI (National Paralympic Committee Of Indonesia) Kota Pasuruan mengatakan, proses Farhan masuk dalam kejuaraan Peparpenas tidaklah mudah. Beberapa tahap ia lalui. Mulai dari mendapat juara di Peparpeda dan Kejurprov beberapa bulan terakhir.

“Ada beberapa tahapan seleksi sebelum masuk dan mewakili Kota Pasuruan. Farhan pernah dapat emas di Peparpeda. Setelah itu kemudian ada beberapa seleksi dan berhasil ditunjuk pada bulan Mei 2023 lalu,” kata Neny, Sabtu (22/7/2023).

Farhan berhasil mewakili Kota Pasuruan sebagai atlet lari di nomor 400 meter Peparpenas yang digelar di Palembang, Sumatera pada 29 Juli – 5 Agustus 2023.

“Dia mewakili di atletik 400 meter. Harapannya Farhan juara, dan Jawa Timur menjadi juara umum,” katanya.

Baca Juga :   Irsyad Yusuf : Saya Ditugaskan Jadi Bupati

Sementara itu, Muhammad Farhan mengatakan, ia saat ini masih fokus untuk melakukan latihan rutin menjelang kejuaraan Nasional tersebut.

“Kalau latihan masih tetap lari-lari, biasa di stadion Unsur maupun di lapangan krampyangan sini,” ujarnya.

Ia juga mohon doa kepada seluruh warga Kota Pasuruan agar ia bisa membawa medali emas untuk Kota Tercintanya. (don/syi)