Dewan Usulkan Bantuan untuk Pedagang Korban Kebakaran Pasar Karangketug

86

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kebakaran di Pasar Karangketug, Kota Pasuruan, berdampak kepada puluhan pedagang. DPRD setempat pun mengusulkan para pedagang terdampak ini mendapat bantuan dari Pemkot.

Anggota Fraksi PKS, Ismu Hardiyanto mengungkapkan, peristiwa kebakaran Pasar Karangketug yang terjadi pada Sabtu (22/07/2023) kemarin cukup mengejutkan.

Pasalnya, kebakaran tersebut sudah yang ketiga kalinya dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Pemkot sudah semestinya mengevaluasi sistem keamanan agar peristiwa serupa tidak terulang lagi.

“Kami meminta Pemkot Pasuruan memberikan bantuan dana untuk sekadar meringankan beban mereka, agar dapat berjualan kembali. Bukan bantuan sembako,” kata Ismu, Rabu (26/07/2023).

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengungkapkan, pihaknya saat ini, bersama kepolisian, masih memastikan apa penyebab utama kebakaran tersebut.

Hal ini penting dilakukan untuk kemudian dijadikan bahan evaluasi dan merencanakan pembenahan yang penting dilakukan di Pasar Karangketug.

Selain itu, yang akan diupayakan pemkot dalam waktu dekat adalah soal meringankan beban retribusi bagi para pedagang yang terdampak.

“Nanti kami nunggu usulan, kalau kena musibah ya tidak mungkin narik retribusi,” ujar Gus Ipul. (tof/asd)