Unik! Ternyata Jembatan Bersejarah di Pasuruan Ini Tak Dibangun Pakai Semen

1837

Pasuruan (WartaBromo.com) – Di Pasuruan terdapat berbagai sejarah yang sangat menarik untuk diulas. Salah satunya soal jembatan bersejarah di Pasuruan, yakni jembatan Talang Abang.

Jembatan Talang Abang adalah salah satu peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Jembatan bersejarah di Pasuruan ini dibangun pada tahun 1882 dan memiliki panjang sekitar 100 meter. Jembatan Talang Abang merupakan jembatan yang unik karena terbuat dari batu bata merah dan tidak menggunakan semen.

Dilansir dari merdeka.com, jembatan yang terletak di Kedongdong, Sumber Gedang, Kec. Pandaan, Pasuruan ini memiliki 5 buah lekukan yang indah.

Dulunya, jembatan Talang Abang digunakan sebagai jalur transportasi untuk menghubungkan Desa Winong dengan Desa Sumbergedang. Namun, saat ini jembatan ini tidak lagi digunakan sebagai jalur transportasi.

Baca Juga :   Demo Dewan, Kades Dobrak Pintu Ruang Rapat Sampai Jebol

Adapun kisah menarik lainnya di balik jembatan bersejarah di Pasuruan ini adalah perannya sebagai saksi bisu perjuangan Indonesia melawan Belanda. Yakni, jembatan ini sering digunakan sebagai tempat pertempuran.

Tak hanya itu, jembatan Talang Abang juga pernah menjadi tempat pembantaian oleh Belanda. Jembatan Talang Abang kini menjadi salah satu ikon Kabupaten Pasuruan.

Jembatan ini merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Kabupaten Pasuruan. Jembatan Talang Abang merupakan tempat yang indah dan bersejarah. (trj)