Kampanyekan ISI PIRINGKU, Fatma: Asupan Gizi Seimbang Dorong Tumbuh Kembang Badan dan Tingkatkan Imunitas

28

Pasuruan (WartaBromo.com) – Fatma Saifullah Yusuf mengajak para kader kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Adalah dengan mengikuti kegiatan kampanye dan edukasi ISI PIRINGKU.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Danone Indonesia dan Spektra Surabaya dan diselenggarakan di Gedung Gradika pada, Senin (14/08/23).
Acara ini merupakan Pelatihan Komunitas Isi Piringku, Edukasi Kesehatan, Gizi, dan Pola Asuh Kota Pasuruan.

“Panduan ISI PIRINGKU telah memberikan tuntunan kepada kita semua dalam menyediakan asupan makan pada anak-anak dan anggota keluarga dengan porsi sekali makan 50% adalah buah dan sayur, 30% karbohidrat dan 20% protein. Dimana komposisi ini akan mendorong tumbuh kembang badan kita secara proporsional, sekaligus meningkatkan immunitas secara alami,” ujar Fatma saat membuka acara pelatihan komunitas ISI PIRINGKU.

Fatma juga menambahkan terkait dengan makan buah dan sayur yang merupakan ketentuan dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Adapun penduduk dikategorikan ‘cukup’ konsumsi sayur dan buah, apabila mengonsumsi kombinasi buah dan sayur minimal 5 porsi per hari selama 7 hari dalam seminggu.

“Data yang diperoleh dari Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2018, memperlihatkan bahwa konsumsi buah dan sayur untuk anak diatas usia 5 tahun secara nasional adalah 1-2 porsi sebesar 60,8%, 3-4 porsi sebanyak 24,6%, sedangkan yang 5 porsi sebanyak 6,1%,” jelas Istri Wali Kota Pasuruan ini.

Menurutnya, sasaran yang paling tepat dalam program ini yaitu kader Posyandu dan tim pendamping kelurahan.

Fatma juga mengucapkan terimakasih kepada Danone Indonesia dan Spektra Surabaya atas kemitraan dan kontribusinya dalam meningkatkan derajat kesehatan melalui program edukasi kesehatan, gizi, dan pola asuh komunitas ISI PIRINGKU.

“Sekali lagi kami sampaikan terima kasih kepada Danone Indonesia dan Spektra Surabaya atas kemitraan dan kontribusinya yang berkesinambungan di Kota Pasuruan dalam meningkatkan derajat kesehatan, melalui program edukasi kesehatan, gizi, dan pola asuh komunitas ISI PIRINGKU,” tutup Fatma.

Hadir dalam acara ini Wakil Ketua I TP PKK Kota Pasuruan Ani Wibowo, Health and Nutrition Senior Manager Danone Indonesia Rizki Yusrini Pohan, Direktur Spektra Surabaya Roni Syahroni, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, Kepala Bidang KB dan pengurus Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan. (jun/**)