Hari Ini Kualitas Udara di Bangil Kembali Tak Sehat

603
Hari Ini Kualitas Udara di Bangil Kembali Tak Sehat

Pasuruan (Wartabromo) – Kualitas udara di Bangil kembali tidak sehat pada Kamis, 24 Agustus 2023. Warga disarankan untuk memakai masker saat keluar rumah.

Berdasarkan data IQAir pada kamis (24/08/2023) pukul 09.00 WIB, Indeks Kualitas Udara (AQI) di Bangil hari ini tertulis pada angka 122. Warna indeks kualitas udara berwarna orange yang berarti tidak sehat bagi kelompok sensitif dengan konsentrasi PM2.5 berada pada angka 44.2* µg/m³.

Sementara itu, polutan utama PM2.5 di Bangil saat ini mencapai 8.8 kali dari nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.

Berikut tips dan rekomendasi cara melindungi diri dari polusi udara di Bangil, khususnya bagi warga kelompok sensitif udara, diantaranya:

  • Dianjurkan memakai masker pada saat berkegiatan di luar rumah.
  • Tutup jendela untuk menghindari udara kotor di luar.
  • Jika ada, nyalakan penyaring udara.
  • Kurangi kontribusi polusi dari kendaraan anda

Adapun perkiraan Indeks kualitas udara (AQI) di Bangil dalam dua hari ke depan yakni pada tanggal 25 dan 26 Agustus 2023, berwarna kuning. Itu berarti kualitas udaranya sedang. Sementara dua hari setelahnya diperkirakan kembali tidak sehat dengan warna orange.

Sementara di Kota Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang, kualitas udara pada hari ini kompak berwarna kuning. Sebagai informasi, tingkatan warna indeks kualitas udara berurutan dari warna hijau berarti baik, kuning berarti sedang, merah berarti tidak sehat, ungu berarti sangat tidak sehat dan hitam berarti berbahaya. (trs/may)