Ratusan Bacakades di Pasuruan Ikuti Tes Baca Tulis

135
Salah satu bacakades (kiri) saat menjalani tes baca dan tulis, Selasa (29/8/2023).

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkab Pasuruan menggelar tes baca tulis dan baca kitab suci untuk bakal calon kepala desa (bacakades). Ada ratusan bacakades yang ikut tes ini.

Tes digelar di Auditorium Mpu Sindok, Komplek Graha Maslahat, pada Selasa (29/08/2023), tes dilaksanakan selama sehari penuh.

Kabid Bina Pemdes pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Andarul Choesni mengungkapkan, sedianya total ada 168 bacakades yang mengikuti tes ini.

“Yang lolos administrasi 168 orang. Tapi satu bacakades mundur,” kata Andarul.

Satu orang yang mundur tersebut adalah bacakades asal Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ia sudah membuat surat pernyataan pengunduran diri kepada panitia tingkat desa dengan disaksikan BPD dan pihak kecamatan.

Selama tes berlangsung, di hadapan penguji, para bacakades wajib bisa membaca dan menulis dengan lancar serta membaca kitab suci menurut agamanya masing-masing.

Tim penguji didatangkan dari Universitas Brawijaya. Selesai menjalani tes, panitia akan mengumumkan hasil tes pada tanggal 3 September 2023 mendatang.

“Setelah itu ada batas tiga hari untuk menyampaikan keberatan kalau kurang puas dengan hasil ujian,” ujar Andarul. (tof/asd)