Kebakaran Hutan TNBTS, Wisata B29 Ditutup Sementara

136
Kebakaran TNBTS, Wisata B29 Ditutup Sementara
Puncak B29, Foto: Maps/Raina Rahmawati.

Senduro (WartaBromo) – Kawasan wisata bukit B29 yang terletak di Kabupaten Lumajang ditutup sementara. Ini akibat insiden kebakaran yang terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sejak beberapa waktu terakhir.

Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang dalam rilisnya mengatakan, penutupan wisata yang terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang ini berlangsung sementara. 

“Pemberitahuan, kami ingin menginformasikan kepada para pengunjung Desa Argosari di puncak B29. Karena adanya kebakaran di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan sekitarnya, wisata puncak B29 Argosari akan ditutup sementara hingga waktu yang akan diinformasikan lebih lanjut,” demikian bunyi pemberitahuan tersebut.

Perlu diketahui bahwa kebakaran terjadi di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sejak beberapa waktu terakhir. Kebakaran dahsyat ini disebabkan oleh cuaca kering dan minimnya hujan, yang menyebabkan vegetasi di lereng Bromo, Lumajang menjadi kering.

Baca Juga :   Dalam 3 Jam, 7.200 Liter Minyak Goreng Murah di Lumajang Ludes Diserbu Warga

Kebakaran ini merembet di sekitar area timur TNBTS, terutama di sekitar Jemplang, Lumajang-Malang. Petugas pemadam kebakaran dan tim gabungan yang dikerahkan mengaku menghadapi kesulitan dalam memadamkan api. Sebab, cuaca panas dan angin kencang membuat api dengan cepat membesar dan merambat dengan cepat. (trs/may)