Turunkan Angka Stunting dan Tingkatkan Kebersihan, Bupati Apresiasi PT PLN IP Grati PGU

126
Bupati Irsyad Yusuf menyerahkan penghargaan kepada Senior Manager PT PLN Indonesia Power Grati PGU, Dani Esa Windiarto

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kepedulian dalam menurunkan angka stunting di wilayah Pasuruan yang dilakukan PT PLN Indonesia Power Grati PGU mendapatkan apresiasi. Apresiasi tersebut diberikan Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf dalam bentuk penghargaan kepada PT PLN Indonesia Power Grati PGU.

Penghargaan Bupati tersebut diterima oleh Senior Manager PLN Indonesia Power Grati PGU, Dani Esa Windiarto di Pendopo Kabupaten Pasuruan pada Rabu (6/9).

PT PLN Indonesia Power Grati PGU dalam perannya menggerakan “KASIH BERSANDING MESRA”. Sebuah akronim dari Keluarga Bersih Bersama Sadari Stunting Menuju Keluarga Sejahtera berhasil menurunkan angka stunting di Kabupaten Pasuruan.

Dalam program kesehatan Ibu dan Balita ini, PLN Indonesia Power Grati PGU menjalankan program stunting Center yg berada di Desa Ranuklindungan. Yakni melalui upaya pendampingan bersama puskesmas dan kader posyandu program peningkatan asupan gizi balita dan telah berjalan dengan baik.

Baca Juga :   Damkar Milik PT Indonesia Power Grati POMU Dikerahkan Bantu Kebakaran Pasar Nguling

Dalam penanganan stunting yang dilakukan bekerjasama dengan Posyandu dan Puskesmas Grati ada beberapa tahapan kegiatan. Diantaranya, Pengukuran antropometri (BB, TB/PB), Pencatatan dalam Buku KIA, imunisasi dasar lengkap pada bayi, pemberian vitamin, Pemberian PMT penyuluhan pada balita,
Penyuluhan kesehatan termasuk gizi balita, Gizi bumil, pencegahan penyakit dan lainnya.

Kemudian, deteksi dini tumbuh kembang balita melalui permainan edukatif, Pemberian PMT pemulihan berupa susu formula, Pemeriksaan ANC pada bumil, Konseling untuk bayi/ balita dengan masalah gizi kurang atau resiko tinggi lainnya, Pemberian tablet Fe pada bumil, Pemberian PMT pemulihan bumil KEK
berupa susu ibu hamil dan Edukasi gizi bumil.

Para penerima penghargaan berfoto bersama Bupati Irsyad Yusuf di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Rabu (6/9/2023)

Sebagai salah satu program unggulan Kabupaten Pasuruan dalam pencegahan dan penurunan stunting, pelaksanaannya tidak dapat dilakukan oleh Pemerintah daerah saja. Melainkan harus melibatkan peran dari stake holder, dunia usaha, industri dan masyarakat.

Baca Juga :   PT Indonesia Power UPJP Perak Grati Gelar Rakor Strategi Pengamanan Obvitnas Jelang Pemilu 2019

Tidak hanya itu, PT PLN Indonesia Power juga berkontribusi dalam program AGAWE (Ayo Gawe WC). Hal ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan terutama area sekitar perusahaan.

“Alhamdulillah terima kasih yang setinggi – tingginya dari kami Manajemen PLN IP Grati PGU kepada Bupati Pasuruan dan Jajaran terkait atas penghargaan “Kasih Bersanding Mesra dan AGAWE” kepada kami, PT PLN Indonesia Power PGU. Hal ini membuktikan upaya kami dalam membangun comdev memerangi stunting di desa Ranuklindungan mendapat pengakuan sebagai upaya bersama-sama sinergi Pemerintah dan PLN IP untuk masyarakat sekitar,” ujar Dani Esa Windiarto.

“Kami PLN IP Peduli, berkomitmen dan konsisten melakukan inovasi sosial untuk memberdayakan
masyarakat sekitar. Dalam mendukung konsep inovasi Penta Helix dari Pemkab Pasuruan (keterlibatan aktif perusahaan, tokoh Agama atau tokoh masyarakat, akademisi, lembaga, Pemkab) menuju Kabupaten Pasuruan Sehat 2023, kami meluncurkan inovasi sosial “Mekarsari” yang merupakan Life Cycle comdev yang bermuara pada kesejahteraan dan kesehatan masyarakat atau kelompok masyarakat binaan PLN IP,” imbuh Dani Esa Windiarto. (day/*)