Minuman Legendaris Khas Pasuruan, Mana yang Masih Sering Bolo Konsumsi?

378

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kebanyakan orang saat ini menyukai kuliner makanan dan minuman kekinian hingga lupa ada banyak minuman legendaris khas Pasuruan yang rasanya tak kalah nikmat. Minuman-minuman ini pun punya banyak khasiat.

Minuman legendaris ini dibuat dari rempah-rempah dan diolah sehingga menghasilkan minuman kaya manfaat. Bahkan, masih sering dikonsumsi hingga saat ini.

Tentunya Bolo penasaran kan? Nah, dilansir dari berbagai sumber, inilah minuman Legendaris khas Pasuruan yang wajib dicoba, dijamin rasanya mantab dan segar!

1. Limun Linggardjati

Limun Linggardjati minuman soda yang telah diproduksi sejak tahun 1948, tepatnya tiga tahun setelah Indonesia merdeka. Produk ini menyajikan beragam rasa seperti kopi, sarsaparila, anggur, jeruk, dan beberapa rasa lainnya.

Limun Linggardjati dapat memberikan kesegaran khususnya pada musim kemarau seperti sekarang ini. Apalagi minuman ini sangatlah cocok dan sempurna untuk dinikmati bersama keluarga Bolo.

Baca Juga :   Bertarif Rp 300 Ribu, 2 Wanita Pekerja Seks Tretes Terjaring Petugas hingga 22 Teroris JI Jadikan Gunung Bromo sebagai Tempat Latihan | Koran Online 19 Maret

Jika Bolo ingin membeli Limun Linggardjati langsung dari sumber produksinya, langsung saja mengunjungi perusahaan ini di alamat Jalan KH. Wachid Hasyim 89, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

2. Jamu Bonagung

Jamu Kebonagung yang lebih dikenal sebagai jamu Bonagung adalah minuman khas dari kota Pasuruan. Minuman ini teksturnya seperti sirup dengan warna coklat kehitaman yang khas.

Jamu Bonagung dibuat dari berbagai bahan, termasuk kayu manis, kapulaga, lada, cengkeh, cabe jamu, gula jawa, dan rempah-rempah lainnya. Ketika Bolo membeli minuman ini, Bolo akan mencium aroma khas dari rempah-rempah saat meminumnya.

Minuman sirup ini disebut “jamu” karena terbuat dari berbagai macam rempah-rempah dan memiliki kemampuan untuk memberikan rasa hangat pada tubuh.

Baca Juga :   6 Motor Ditinggal Saat Polisi Gerebek Pesta Miras hingga Kata Ahli Hidrologi Soal Penyebab Banjir di Pasuruan | Koran Online 16 Feb

Untuk membelinya, Bolo bisa mengunjungi toko-toko seperti Toko Medan Baru di Jalan Panglima Sudirman, Toko Roti Orion di Jalan Sukarno Hatta, dan Toko Pusat Bipang Jangkar yang terletak di Jalan Lombok 41.

3. Kopi Bubuk Cap Sepoor Kaspandi

Kopi Kaspandi yang pertama kali muncul pada tahun 1955, mempertahankan rasa khasnya dari zaman dulu hingga sekarang. Produk kopi ini adalah kebanggaan dari kota Pasuruan.

Tentunya, ada cerita menarik di balik Kopi Cap Sepoor Kaspandi ini. Pada tahun 1940, Kaspandi memutuskan untuk mencoba menjual kopi buatannya di pasar dekat rumahnya. Merk Cap Sepoor pada kopi tersebut mendapatkan tanggapan positif dari pembeli.

Dalam beberapa tahun, bisnis kopi Kaspandi terus tumbuh. Setelah 15 tahun berlalu sejak awalnya menjual kopi, Kopi Cap Sepoor akhirnya mendapat izin usaha Kota Praja. Kaspandi terus meningkatkan produksinya sambil menjaga kualitas kopi yang luar biasa.

Baca Juga :   Laka Rombongan TK di Purwodadi, 1 Siswa Dilaporkan Meninggal

Tidak mengherankan bila kopi buatan Kaspandi memiliki banyak penggemar karena menggunakan biji kopi Robusta berkualitas tinggi atau kopi dengan kualitas ekspor. Saat ini, usaha yang telah berada di tangan generasi ketiga ini juga menyediakan kopi Arabika dan kopi lanang.

Bolo juga bisa membeli minuman legendaris khas Pasuruan ini secara langsung di pusat produksinya di Kelurahan Bangilan, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Selain itu, produk kopi ini juga tersedia di berbagai platform belanja online. (tra/jun)