Pemkab Probolinggo Komitmen Berantas Segala Bentuk Korupsi

56

Kraksaan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berkomitmen memberantas korupsi dalam segala bentuk.

Hal itu ditegaskan oleh Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto saat senam pagi dalam rangka memperingati Hakordia (Hari Antikorupsi Sedunia) pada Jumat (8/12/2023). Penegasan itu dilontarkan di hadapan ratusan ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Langkah nyata yang diambil Pemkab Probolinggo dalam mencegah korupsi adalah dengan memperkuat sistem pelaporan keuangan. “Mekanisme keuangan sekarang komputerisasi, sehingga tidak mudah direkayasa,” ucapnya.

Kemudian dengan memperkuat aspek mental ASN, melalui spirit perubahan dan melayani. “Insyaallah dengan Hakordia ini, kami semakin mantap menuju wilayah bebas korupsi,” ucap Heri dengan yakin.

Langkah lainnya, memperketat seleksi dalam pengadaan atau belanja barang. Terutama dalam proyek infrastruktur dengan nilai besar. Proyek fisik ini sangat rentan dalam penyalahgunaan anggaran dan wewenang.

Baca Juga :   Shabara Polres Probolinggo Kota Sita 900 Liter Premium dari Pemborong di SPBU Kasbah

“Mulai dari pengadaan, lelang dan pembangunannya, kami awasi. Termasuk juga pihak ketiga kami lakukan pembinaan-pembinaan, agar kedepannya semakin baik,” lanjut ia.

Heri pun mengajak ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo untuk bersama-sama komitmen mencegah melakukan korupsi dalam bekerja. Dengan membentengi diri, pikiran, hati, untuk tidak terjebak dan terpengaruh melakukan korupsi.

“Saya mengajak semua elemen untuk bersinergi penyelenggaraan pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat. Sama-sama kita bisa mengawasi penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan baik tanpa ada korupsi,” tandasnya. (adv/saw)