Lantik Kepala Desa Terpilih, Pj Bupati Pasuruan: Kades Harus Aspiratif, Kreatif dan Inovatif

106
Pj Bupati Pasuruan Andriyanto mengucapkan selamat kepada kepala desa terpilih usai pelantikan, Jumat (29/12/2023)

Bangil (WartaBromo.com) – Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto menegaskan 46 kepala Desa terpilih melalui Pilkades serentak di Kabupaten Pasuruan tahun 2023 haruslah lebih aspiratif, kreatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi masyarakat.

Menurutnya, Pemerintah Desa menjadi pilar kokohnya penyelenggaran otonomi daerah. Dengan demikian keberhasilan penyelenggaaran pemerintah Desa.
Pernyataan tersebut disampaikan oleh Andriyanto saat memberikan sambutannya dalam pengambilan sumpah janji pelantikan 46 Kepala Desa di Aula Mpu Sendok perkantoran Raci, Jumat (29/12/2023) malam.

“Kepemimpinan kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dituntut mampu memberdayakan sumber daya yang ada yaitu, mampu memanfaatkan, mengeksplorasi dan mengelola potensi sumber daya alam serta sumber daya manusia yang dimiliki sekaligus kreatif memgembangkan potensi kearifan lokal menjadi sumber ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat, “ujar Andri.

Baca Juga :   Bacakades Sebani Pandaan Tercoret, Panitia Dianggap Beri Info Sesat Terkait Uji Akademis

Dirinya juga berpesan agar kepala Desa yang baru dilantik tidak hanyut dalam eforia kemenangan akan tetapi segera melaksanakan tugas yang sesuai degan RPJMDES yang memuat tentang visi misi, tujuan, strategi kebijakan dan program serta dilaksanakan secara partisipasif yang melibatkan lembaga kemasyarakatan yang disusun secara sistematis, terarah, terpadu menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan.

“Terima kasih saya sampaikan kepada BPD, panitia pemilihan dari tingkat Desa, kecamatan dan kabupaten serta semua pihak yang telah menjalankan pemilihan kepala Desa Serentak di kabupaten Pasuruan tahun 2023, ” katanya.

Seperti diketahui sebanyak 46 Kepala Desa terpilih dari 20 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan menjalani sumpah janji jabatan untuk masa jabatan kepala Desa periode 2023 – 2029.
Acara pelantikan diikuti seluruh kepala Desa terpilih dan dihadiri seluruh muspida hingga SKPD yang ada di kabupaten Pasuruan. (*)