Jelang Akhir Tahun, 46 Kepala Desa Terpilih di Kabupaten Pasuruan Akhirnya Resmi Dilantik

256
Pj Bupati Pasuruan Andriyanto membaca naskah sumpah janji jabatan dalam pelantikan 46 kepala desa di Aula Mpu Sendok perkantoran raci, Jumat (29/12/2023) malam.

Bangil (WartaBromo.com) – 46 kepala desa terpilih dari 20 kecamatan pada Pilkades serentak Kabupaten Pasuruan tahun 2023 menjalani sumpah janji jabatan pada pelantikan Kepala Desa periode 2023 – 2029.

Prosesi pengambilan sumpah dipimpin langsung oleh Pj Bupati Andriyanto di aula Mpu Sendok lantai dua gedung Putih komplek perkantoran Raci, Jumat (28/12/2023) malam.

Berdasarkan pantauan wartabromo.com, acara pelantikan tersebut diikuti seluruh kepala Desa terpilih dan dihadiri seluruh muspida hingga SKPD yang ada di kabupaten Pasuruan.

Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto dalam sambutannya berpesan bahwa kepala Desa terpilih harus lebih aspiratif, kreatif, inobatif dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi di masyarakat. Pemerintah Desa diharapkan menjadi pilar kokohnya penyelenggaran otonomi daerah mampu memberdayakan sumber daya yang ada yaitu, mampu memanfaatkan, mengeksplorasi dan mengelola potensi sumber daya alam serta sumber daya manusia yang dimiliki.

Baca Juga :   Tuntas, Inilah 12 Kades Baru di Probolinggo
Pj Bupati Pasuruan Andriyanto mengucapkan selamat kepada kepala desa terpilih usai pelantikan, Jumat (29/12/2023)

“Saya mengajak kepada kepala Desa yang baru dilantik tidak hanyut dalam euforia kemenangan saja, akan tetapi segera melaksanakan tugas yang sesuai degan RPJMDES yang memuat tentang visi misi, tujuan, strategi kebijakan dan program serta dilaksanakan secara partisipasif yang melibatkan lembaga kemasyarakatan yang disusun secara sistematis, terarah, terpadu menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan” papar Andriyanto.

Pj Bupati juga menekankan kepada kepala Desa yang baru dilantik agar segera melakukan penyatuan dan eratkan kembali masyarakat.
Kepala desa,lanjutnya adalah pelayan maayarakat dan tidak boleh membedakan-bedakan antara yang memilih atau tidak. Hal lain ditekankan supaya menggunakan anggaran desa dengan baik dan transparan serta menghindari korupsi. Pj Bupati juga mengajak kepala desa terpilih untuk bermitra dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Baca Juga :   Warga Segel Kantor Desa Ketangirejo Kejayan

“BPD merupakan mitra dari kepala desa membangun Desa Jadilah pemimpin yang kreatif dan inovatif membawa perubahan Desa menjadi lebih baik. Kepala Desa harus menerima kritikan, masukan, saran dari masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa menuju Desa maslahat.” Imbuh Pj Bupati. (*)