Elektabilitas Khofifah Teratas, Siapa Jadi Lawannya ?

140

Surabaya (WartaBromo.com) – Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas untuk Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Menurut survei tersebut, Khofifah Indar Parawansa mendominasi dengan elektabilitas tertinggi.

“Dari hasil survei, elektabilitas Khofifah sangat unggul, mencapai 38 persen dan mendekati 40 persen setelah menerima rekomendasi dari beberapa partai politik,” ungkap Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Surabaya (1/1/2024).

Namun, pertanyaannya, siapa yang menjadi lawan sepadan bagi Khofifah?

Baihaki menyebutkan bahwa Emil Dardak memiliki elektabilitas terdekat. Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu, kemungkinan besar akan menjadi Cawagub Jatim 2024 mendampingi Khofifah.

“Emil jelas menyatakan keinginannya untuk menjadi wakil dari Khofifah. Praktis yang terdekat selanjutnya adalah kader-kader dari PDIP yang masuk jajaran 5 besar,” lanjut ia sebagaimana dilansir dari detikjatim.

Baca Juga :   Hari Pertama Dibuka, Belum Ada Parpol di Kota Pasuruan Daftarkan Bacaleg

Kader-kader dari PDIP seperti Ahmad Fauzi (Bupati Sumenep), Eri Cahyadi (Wali Kota Surabaya) dan Tri Rismaharini (Menteri Sosial RI) juga mencuat sebagai potensi lawan yang kuat.

Menariknya, Baihaki mencatat tren positif bagi Tri Rismaharini yang kembali muncul akhir-akhir ini. Sementara Ahmad Fauzi terus bergerak menjaga peluangnya di Pilgub Jatim 2024, dan Eri Cahyadi juga masuk dalam radar.

“Tiga nama dari PDIP ini berpotensi menjadi lawan serius Khofifah. Terlebih, sikap PDIP dan PKB yang belum diputuskan di Pilgub Jatim 2024, sebagai dua partai terbesar di Jatim saat ini,” jelas Baihaki.

Selain itu, survei ARCI juga mencatat beberapa nama ketua partai di Jatim seperti Anwar Sadad (Gerindra), Sarmuji (Golkar), dan Abdul Halim Iskandar (PKB) yang menjadi perhatian.

Baca Juga :   Banyak Petugas Meninggal di Pemilu 2019, KPU Rekrutmen KPPS Usia di Bawah 55 Tahun

“Kalau Gerindra dan Golkar kan sudah jelas memberi rekom ke Khofifah, tinggal bagaimana PKB. Mungkin saja jika nanti PKB bisa satu perahu penuh akan menurunkan gaco sendiri di Pilgub Jatim 2024,,” tutup Baihaki.

Survei ARCI dilaksanakan pada 10-20 Desember 2023 dengan metode multistage random sampling. Sampel sebanyak 1.000 responden tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim, dengan margin of error 3% dan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut elektabilitas nama-nama yang digadang maju di Pilgub Jatim 2024 sebagai Cagub Jatim:
1. Khofifah Indar Parawansa 38,6%
2. Emil Elestianto Dardak 17,5%
3. Ahmad Fauzi 12,9%
4. Eri Cahyadi 8,7%
5. Tri Rismaharini atau Risma 5,9%
6. M Sarmuji 4,1%
7. Anwar Sadad 3,5%
8. Abdul Halim Iskandar 3,1%
9. Saifullah Yusuf atau Gus Ipul 2,8%
10. Heru Tjahjono 1,6%
Tidak tahu/tidak menjawab 1,3%.

Baca Juga :   Khofifah Indar Parawansa Raih Dukungan 4 Partai untuk Pilgub Jatim 2024, Ada Lawan ?

(saw)