9 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan Rawan Longsor, Simak Titiknya

109

Pasuruan (WartaBromo.com) – Musim hujan mulai melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan. Oleh karena itu, pihak BPBD Kabupaten Pasuruan mulai memetakan beberapa titik rawan longsor.

Sugeng Hariadi, kalaksa BPBD Kabupaten Pasuruan mengatakan, dari 24 kecamatan, 9 di antaranya masuk peta rawan longsor.

Ke-9 kecamatan itu meliputi Tosari, Tutur, Lumbang, Puspo, Purwodadi, Prigen, Purwosari, Gempol, dan Pasrepan.

“Ada di dataran tinggi, bencana rawan longsor berada di 9 kecamatan, yakni Tosari, Tutur, Lumbang, Puspo, Purwodadi, dan Prigen,” kata Sugeng, Selasa (16/1/2024).

Sugeng katakan, kontur tanah di 9 kecamatan tersebut rentan alami pergeseran tanah saat hujan. Karena itu, pihaknya juga menghimbau agar masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut tetap waspada .

“Masyarakat tetap waspada jika melintas saat hujan deras,” terangnya.

Selain bencana longsor, BPBD juga mewaspadai beberapa titik banjir. Ada 11 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang rawan banjir kiriman dari wilayah atas.

“Ada 11 kecamatan waspada banjir, yakni Nguling, Grati, Rejoso, Winongan, Gondangwetan, Pohjentrek, Kraton, Rembang, Bangil, Beji dan Gempol,” tuturnya.

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan BMKG Jatim untuk mengumumkan secara rutin tentang bencana hidrometeorologi yang akan berpotensi terjadi, khususnya di Pasuruan. (don/asd)