Tarung Bebas Selter Eselon II Probolinggo

80

Kraksaan (WartaBromo.com) – Proses seleksi terbuka (selter) untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Eselon II membutuhkan minimal 50 peserta. Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto menyebutnya sebagai arena tarung bebas.

“Selter ini adalah ajang terbuka, pertarungan bebas tanpa ada kepentingan lain selain untuk memajukan Kabupaten Probolinggo. Sejak awal, saya sudah menyatakan bahwa saya menyerahkan proses ini kepada panitia seleksi yang memiliki kapasitas dan kredibilitas yang tidak diragukan lagi,” ungkap Ugas Irwanto pada Jumat (26/1/2024).

Komitmen ini sejalan dengan visinya agar pengisian jabatan eselon II bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Dengan harapan melahirkan pejabat yang berkualitas dan amanah.

“Tarung bebas ini sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing. Siapa pun yang ingin ikut, selama syaratnya terpenuhi, silakan. Semangat ini juga muncul karena saya sering mengingatkan para Plt kepala dinas yang menjabat sekarang bahwa Plt bukan jaminan akan menjadi definitif di posisinya. Jadi, jangan terlena,” jelasnya.

Baca Juga :   Ups! 24 Bacakades di Probolinggo Positif Covid-19

Ugas belum mengetahui pasti jumlah pendaftar pada panitia seleksi (Pansel) saat ini. Namun, hingga Kamis (25/1), ia telah menandatangani surat rekomendasi dari sejumlah peserta yang cukup banyak. “Sudah saya tanda tangani semua,” katanya.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Probolinggo, Heri Mulyadi, menyatakan bahwa pelaksanaan Selter untuk 10 posisi yang kosong membutuhkan setidaknya 50 peserta. Karena setiap jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang kosong, minimal harus ada 5 pendaftar.

Pejabat eselon III dapat mengikutinya asal memenuhi syarat pejabat golongan 4b. Eselon III termasuk posisi setara Sekretaris Dinas/Badan, Kepala Bagian, Camat, dan Kepala Bidang.

“Walaupun semua camat mendaftar, sepertinya masih kurang, karena tidak semua camat berada dalam golongan 4b,” ucap Camat Dringu.

Baca Juga :   Warga Sekitar Cimory Tersiksa Bau Kotoran Satwa hingga Gerhana Bulan Penumbra Tampak di Pasuruan, Probolinggo, Lumajang | Koran Online 11 Jan

Pemkab Probolinggo saat ini sedang membuka seleksi terbuka untuk mengisi 10 jabatan eselon II yang kosong. Ke-10 jabatan yang akan segera diisi, antara lain Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan; Staf Ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Pembangunan; Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM.

Kemudian Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian; Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan; Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata.

Selain itu, Inspektur; Kepala Dinas Sosial; Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur UOBK RSUD Waluyo Jati juga merupakan posisi yang saat ini sedang dibuka pendaftarannya. (saw)