Wisatawan Terjebak Banjir Bandang di Air Terjun Tumpak Sewu

279

Lumajang (WartaBromo.com) – Sejumlah wisatawan terjebak ketika banjir bandang menerjang air terjun Tumpak Sewu, Lumajang. Sejauh ini, otoritas setempat masih belum melakukan penutupan terhadap wisata alam ini.

Dalam video amatir, tampak momen dramatis saat banjir lahar dari Gunung Semeru melanda air terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Material banjir lahar dengan dahsyat menerjang. Membuat aliran air terjun berwarna coklat dengan debit air yang sangat besar.

Terkonfirmasi ada 9 wisatawan dan pemandu lokal yang terjebak. Evakuasi dilakukan segera setelah banjir surut, dan 9 orang yang terjebak telah diamankan di Desa Sidomulyo dalam keadaan baik.

“Wisatawan yang terjebak saat ini sudah dievakuasi dalam kondisi selamat. Banjir yang datang tidak dapat diprediksi,” Kepala Dinas Pariwisata Lumajang, Yuli Harismawati, Kamis (1/2/2024).

Baca Juga :   Disdik Jatim Siapkan 5 Jalur Pendaftaran, Ini Daftarnya

Meski insiden tersebut terjadi, Tumpak Sewu tetap dibuka untuk wisatawan. Namun, petugas mengingatkan agar wisatawan tetap waspada dan mengikuti semua petunjuk yang diberikan.

“Saat itu, kondisi wisata Tumpak Sewu tidak ada hujan, sehingga pihak pengelola masih membuka objek wisata yang menjadi daya tarik wisatawan asing tersebut,” lanjutnya.

Kabid Kedaruratan, Pencegahan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi banjir lahar hujan Semeru di tengah cuaca ekstrem. “Banjir bandang bisa terjadi, terutama di objek wisata,” ucapnya. (lai/saw)