Sungai Wrati Meluap, Ribuan Rumah di Beji Terendam Banjir

139
Dua bocah tengah bermain saat banjir melanda Kecamatan Beji, Senin (5/2/2024).

Beji (WartaBromo.com) – Ribuan rumah warga di Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan terendam banjir. Peristiwa itu terjadi luapan Kali Wrati setelah hujan lebat mengguyur, Minggu (4/2/2024).

Berdasarkan informasi yang didapat, banjir mulai menggenangi 7 dusun di Desa Kedungringin, Kecamatan Beji sejak Minggu (4/2/2024) malam. Intensitas hujan lebat sejak sore menjadi penyebabnya.

Henry, salah satu warga sekitar mengatakan, di wilayah tersebut memang sudah menjadi langganan banjir. Bahkan, sejumlah upaya sudah dilakukan pihak desa maupun warga.

“Semalam tambah besar, ketinggian air antara 50-60 sentimeter, itu sudah masuk rumah. Kalau pagi ini sudah surut tapi juga ada rumah yang masih kebanjiran,” katanya kepada wartabromo.com, Senin (5/2/2024).

Terpisah, Kepala Desa Kedungringin Rizky Wahyuni menyebutkan, hujan deras di beberapa tempat seperti Pandaan dan Gempol, ditambah wilayah Beji serta Bangil, mengakibatkan debit sungai Wrati meluber dan menggenangi jalan desa.

Selain itu, tak kurang dari 1000 rumah terendam air. Ribuan rumah itu tersebar di 7 dusun.  Di antaranya Guyangan, Balungrejo, Kedungringin selatan, tengah dan utara,Ngampel,Gersikan dan sebagian Ngayunan.

“Pagi ini tinggal beberapa dusun saja, dusun Balungrejo, Kedungringin Kidul, Keduringin Tengah, Kedungringin Utara dan Dusun Ngampel,” tuturnya.

Selain Kedungringin, banjir juga menggenangi sejumlah rumah warga di Desa Kedungboto, Kecamatan Beji. Banjir menggenangi tiga dusun dan sekitar 800 rumah terendam.

Sementara itu, Kepala Pelaksanaan BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariadi mengatakan, pihaknya sudah mendatangi lokasi dan memberi sejumlah batuan pada warga.

“Tim sudah mendatangi lokasi, dapur umum juga sudah di bangun,” tutur Sugeng. (don/asd)