Destinasi tersembunyi di Pasuruan, Mengintip Pesona Desa Wisata Kertosari

1272

Pasuruan (WartaBromo.com) – Destinasi tersembunyi di kawasan Pasuruan sedang mencuri perhatian para pecinta alam. Bagi bolo warmo yang kebingungan mencari tempat berlibur, Desa Wisata Kertosari menjadi salah satu pilihan wisata tersembunyi di Pasuruan.

Dilansir dari berbagai sumber, desa wisata Kertosari Sebagian besar wilayahnya merupakan lahan pertanian yang tersebar di 6 (enam) dusun. Yakni meliputi Desa Kertosari, Kademangan, Kanigoro, Sumbersuko, Gunungsari dan Selokandang.

Selain itu, kedekatan desa dengan Gunung Baong dan Kebun Raya Purwodadi memungkinkan Desa Wisata Kertosari menikmati indahnya pemandangan hijaunya lahan pertanian dan hutan lindung di kawasan BKSDA Kecamatan Air Terjun Coban Baung.

Desa Wisata Kertosari memilik beragam daya tarik wisata, baik wisata alam, buatan, maupun budaya. Seperti Kampung Buah Tin, Randuwana (Hutan Randu), Air Terjun Gunung Baung, Win Agro, Embung Gusar, Desa Tarzan (Oma Kreasi) dan Baung Canyon.

Kampung Buah Tin dan Air Terjun Coban Baung menjadi daya tarik wisata utama. Selain itu berbagai wisata lainnya: seperti edukasi batik dari pewarna alami di Win Agro, edukasi lingkungan hidup, edukasi outbound.

Ada pula edukasi tanaman organik yang dapat dilakukan di desa Randuwana dan Kampung Tarzan, edukasi budidaya dan pengelolaan buah Tin dari hulu hingga hilir, dan berbagai pelatihan dan pendidikan perlindungan lingkungan hidup.

Keanekaragaman budaya dan seni masyarakat setempat juga sangat menarik. Seni budaya dan kearifan lokal yang masih dilestarikan hingga saat ini menjadi aset nyata desa ini.

Melalui berbagai kesenian seperti Jalanan, Campursari, tari, Albanjari dan kegiatan selamatan desa, warga dan pengelola Desa Wisata Kertoari berupaya melindungi, melestarikan dan membudayakan generasi penerus. Hal ini juga ditampilkan kepada wisatawan sebagai bagian dari pengenalan seni dan budaya setempat. (Mga/jun)