Lonjakan Kunjungan Wisatawan di Bromo Selama Libur Isra’ Mi’raj dan Imlek

34

Probolinggo (WartaBromo.com) – Selama liburan Isra’ Mi’raj dan Imlek, jumlah wisatawan yang mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengalami peningkatan signifikan.

Data terbaru mencatat bahwa sebanyak 7.946 wisatawan telah membanjiri Gunung Bromo sejak awal liburan hingga hari ini.

Jumlah yang berkunjung ke Bromo mencapai 598 orang, dengan rincian 561 wisatawan nusantara (wisnu) atau lokal dan 37 wisatawan mancanegara (wisman) pada Rabu (7/2/2024).

Keesokan harinya, tercatat total 2.522 wisatawan berkunjung ke Bromo. Di mana 2.499 di antaranya adalah wisnu dan 23 wisman.

Sementara pada Jumat, jumlah kunjungan mencapai 2.074 wisatawan, terdiri dari 2.017 wisnu dan 57 wisman.

Puncak peningkatan terjadi pada Sabtu (10/2/2024), di mana jumlah kunjungan ke Bromo mencapai 2.752 wisatawan, dengan 2.719 di antaranya adalah wisnu dan 33 wisman.

Baca Juga :   Demo Ratusan Kades di Gedung Dewan Ricuh, hingga Iuran BPJS Kesehatan Batal Naik | Koran Online 10 Maret

Menurut Kepala Bagian Tata Usaha TNBTS, Septi Eka Wardani, lonjakan kunjungan wisatawan ini terutama didominasi oleh wisatawan lokal, mencapai hampir 90 persen dari total kunjungan.

“Paling banyak dalam catatan kami selama 4 hari terakhir itu pada hari ini yang memang momentum libur Imlek,” ujar Septi.

Septi juga mengimbau para wisatawan untuk mematuhi aturan yang berlaku di Gunung Bromo, terutama mengingat saat ini masuk musim penghujan. Persiapan yang matang menjadi kunci utama untuk kenyamanan dan keselamatan para pengunjung.

“Dalam rangka menjaga kenyamanan dan keselamatan bersama, kami mengimbau agar tetap mematuhi aturan yang ada,” tandasnya.

Lonjakan pengunjung pada libur panjang ini, juga berimbas pada arus transportasi. Terjadi kemacetan di sekitar Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. (saw)