Kalibrasi Alat Uji Kendaraan Bermotor di Kabupaten Probolinggo: Mempertahankan Keakuratan dan Kepatuhan

5

Kraksaan (WartaBromo.com) – Dalam upaya memastikan keakuratan alat uji, Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo telah melakukan kalibrasi pada Rabu (21/2/2024).

Proses kalibrasi peralatan pengujian kendaraan bermotor tersebut dilakukan oleh petugas kalibrasi dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Jawa Timur, bagian dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rutinitas tahunan yang diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : KP.1954/AJ502/DRJD/2019 Tentang Tata Cara Kalibrasi Peralatan Uji Berkala Kendaraan Bermotor.

Acara kalibrasi alat pengujian kendaraan bermotor di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor di Desa Alassumur Kulon Kecamatan Kraksaan turut dihadiri oleh Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo, Edy Suryanto, bersama dengan Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor, Sukito.

Baca Juga :   Jumlah Kekayaan Teddy Minahasa hingga 25 Jaksa Kawal Sidang Kasus Tambang Ilegal GempolĀ  | Koran Online 13 Okt

Edy Suryanto, Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo, menjelaskan bahwa kalibrasi bertujuan untuk memastikan bahwa alat-alat uji yang digunakan dalam pengujian kendaraan bermotor di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor beroperasi dengan baik, akurat, dan sesuai dengan aturan yang mewajibkan kalibrasi setahun sekali.

“Kalibrasi adalah serangkaian kegiatan untuk mengukur keakuratan alat pengujian kendaraan bermotor berdasarkan standar. Dilakukan oleh Petugas Kalibrasi BPTD Kelas II Jawa Timur Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Edy menegaskan bahwa kalibrasi merupakan proses penting untuk memastikan hasil pengukuran yang akurat dan konsisten, serta mempertanggungjawabkan hasil uji kendaraan.

Dengan adanya kegiatan kalibrasi ini, Kabupaten Probolinggo menunjukkan komitmennya untuk mempertahankan standar keakuratan dalam pengujian kendaraan bermotor demi keselamatan dan keamanan transportasi di wilayahnya. (saw)