Bingung Buka Puasa di Hari Pertama? Ini 5 Kuliner Khas Probolinggo Untuk Buka Puasa

312

Pasuruan (Wartabromo.com) – Sebagian orang mungkin masih bingung menu buka puasa di hari pertama Ramadan. Bagi yang bingung maka bisa mencoba kuliner khas Probolinggo untuk buka puasa, Bolo.

Ada lima rekomendasi kuliner yang bisa Bolo Warmo coba daripada bingung mau masak apa menjelang berbuka. Selain praktis dan cepat saji, kuliner-kuliner ini pun harganya sangat terjangkau.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah kuliner khas Probolinggo untuk buka puasa yang bisa Bolo coba:

1. Rawon

Rawon di Probolinggo emang juaranya! Makanan ini terkenal karena kuah hitam khasnya yang dihasilkan dari campuran bumbu rempah, seperti kluwek, yang memberikan warna dan aroma khas pada kuahnya.

Baca Juga :   Wajib Tahu! Waktu Sahur Terbaik Menurut Ajaran Islam

Kombinasi kuah, daging sapi, ditambah telur asin jadi bikin buka puasa bolo makin spesial. Rawon di Probolinggo ini khas karena rasanya unik dan lezat, harganya pun mulai Rp10.000 saja.

2. Kepiting Olok

Kepiting Olok cocok buat Bolo yang doyan pedes manis. Kepiting ini yang dimasak dengan bumbu khas Probolinggo, rasanya yang unik dan pekat ini menjadikan kepiting olok primadona bagi pecinta seafood.

Kepiting Olok adalah sebutan untuk kepiting yang masih muda. Makanan khas Probolinggo ini dibuat dengan cara pertama tama- kepiting dikukus, lalu dagingnya dipisahkan dari cangkangnya.

Kemudian, daging kepiting yang sudah dipisahkan diolah bersama udang dan bumbu-bumbu lalu dimasukkan kembali ke dalam cangkang kepiting. Harganya

Baca Juga :   Bolo, Berikut Ini Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Lumajang

3. Soto Kraksaan

Kuliner khas Probolinggo untuk buka selanjutnya adalah Soto Kraksaan. Perbedaan soto ini dengan soto pada umumnya terletak pada kuahnya yang terbuat dari santan, dan juga penggunaan ayam jantan sebagai bahan utamanya.

Kombinasi dari kuah soto, kentang dan sambel pas banget buat buka puasa, jadi tambah selera makan! Apalagi kalau disanding dengan es jeruk, dijamin buka puasa makin seger dan nikmat.

4. Ketan Kratok

Abis makan berat, jangan lupa cemil-cemil Ketan Kratok. Ketan yang ditambahkan parutan kelapa dan cairan gula merah ini menambah rasa manis pada ketan.

5. Sirup Pokak

Gak afdol kalau habis makan gak minum ya bolo! Nah, Sirup Pokak bisa jadi solusinya nih, minuman khas Probolinggo ini akan menyegarkan tenggorokan bolo setelah berbuka puasa.

Baca Juga :   Mie Kuah Gunung Kawi, Menu Alternatif Buka Puasa

Sirup Pokak terbuat dari bahan yang kaya akan rempah-rempah, jadi cocok buat disajikan hangat atau dingin.

Dari kuliner khas Probolinggo untuk buka puasa ini, mana nih yang jadi favorite bolo Warmo? Jangan sampai kelewatan ya, serunya buka puasa dengan nikmatin kuliner khas Probolinggo yang bikin nagih! (mgn/jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.