22 Ton Beras Zakat Fitrah Diperkirakan Terkumpul di Baznas Kabupaten Probolinggo

114

Kraksaan (WartaBromo.com) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo terus membuka pintu bagi warga muslim yang ingin membayar zakat fitrah tahun ini. Dengan harapan membantu sesama yang membutuhkan, Baznas memproyeksikan akan mengumpulkan 22 ton beras zakat fitrah.

Menurut Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo, H. Ahmad Muzammil, kolaborasi dengan pemerintah membantu memperlancar pengumpulan zakat fitrah. Baznas juga menerima zakat fitrah di luar ASN.

“Salah satu pengumpulan zakat fitrah ini kami bekerja sama dengan pemerintah, agar ASN membayar zakat fitrahnya ke kami,” ujar Muzammil pada Selasa (19/3/2024).

Prediksi jumlah 22 ton beras ini, didasarkan pada data pengumpulan zakat fitrah tahun sebelumnya. Pada tahun 2023, total lebih dari 7.600 orang membayar zakat fitrah ke Baznas, dengan pembayaran sebesar 3 kilogram beras per orang.

Baca Juga :   Hii..! Pelanggar Prokes Dihukum Bersihkan Kuburan

“Meskipun tidak ada target pasti, Baznas selalu berusaha agar para muzakki tetap mempercayakan kepada lembaga resmi. Mengacu pada tahun lalu, kami memperkirakan ada sekitar tujuh ribuan,” tambahnya.

Muzammil juga menegaskan bahwa pembayaran zakat fitrah bisa dilakukan secara tunai, dengan nominal disesuaikan berdasarkan harga beras saat di pasaran.

“Kalau beras 3 kilogram, tapi kalau mau tunai silakan, nanti disesuaikan dengan harga beras saat ini,” ungkap Muzammil yang juga Ketua PCNU Kota Kraksaan tersebut. (aly/saw)