Razia 4 Blok Lapas IIB Pasuruan Jelang Lebaran, Petugas Temukan Lem, Sendok, hingga Paku

213

Pasuruan (WartaBromo.com) – Petugas gabungan melakukan razia di Lapas IIB Pasuruan, Jumat (05/04/2024). Sejumlah barang seperti lem, bambu, hingga paku ditemukan petugas.

Razia dimulai sejak pukul 16.00 WIB. Petugas gabungan yang terdiri dari petugas Lapas IIB Pasuruan, polisi, dan TNI menggeledah 4 blok yang ada di dalam lapas.

Masing-masing narapidana dan tahanan digeledah oleh petugas. Sel mereka juga diperiksa petugas. Selain itu, mereka juga dites urine.

Kepala Lapas IIB Pasuruan, Ma’ruf Prasetyo Hardianto mengatakan, razia ini merupakan kegiatan rangkaian Hari Bakti Permasayarakatan ke-60 sekaligus menjelang hari raya lebaran.

“Kami ingin memastikan keamanan lapas. Tidak ada barang-barang secara aturan tidak diperbolehkan berada di dalam sel,” kata Ma’ruf.

KPLP Lapas IIB Pasuruan, Taufiqul Hidayat menambahkan, dalam razia hari ini petugas menemukan sejumlah benda seperti lem, bambu, paku, sendok, dan paku klip.

Menurut Taufiq, barang-barang tersebut merupakan barang yang dalam batas wajar. Namun begitu, meski masih dalam batas kewajaran, barang-barang tersebut juga dinilai rentan disalahgunakan.

“Untuk menghindari ketika ada keributan, ada yang menggunakan barang-barang itu. Oleh karenanya kami amankan lalu dimusnahkan,” kata Taufiq.

Sementara untuk tes urine, ada 20 narapidana yang diambil sampel. Taufiq menyebut, hasil tes urine mereka menunjukkan negatif narkoba.

“Jadi tidak ada sajam atau narkoba. Masih dalam kondisi kondusif,” imbuh Taufiq. (tof/may)