5 Tabungan Anak untuk Simpan THR, Biar Nggak Investasi “Bodong”

82

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tabungan Hari Raya (THR) adalah momen yang dinantikan oleh banyak orang, tidak terkecuali anak-anak. Tradisi memberikan uang ke anak ini, bisa jadi momen untuk menabung lebih banyak lho!

Mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menyimpan uang sejak dini adalah investasi jangka panjang dalam masa depan finansial mereka. Maka dari itu, sebagai orang tua, bolo bisa membantu memilihkan tabungan yang cocok untuk anak-anak.

Berikut adalah lima tabungan anak yang dapat menjadi pilihan untuk menyimpan THR mereka:

1. Tabungan Edukasi

Tabungan pendidikan adalah salah satu investasi terpenting yang dapat dilakukan untuk masa depan anak-anak. Melalui tabungan ini, orang tua dapat secara bertahap mengumpulkan dana untuk biaya pendidikan mereka di masa mendatang. Mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Memanfaatkan THR untuk menambah saldo tabungan pendidikan anak adalah langkah bijak yang akan memberikan mereka akses ke pendidikan yang lebih baik.

Baca Juga :   Harga Elpiji Nonsubsidi Naik, Pembeli di Pasuruan Kelabakan

Celengan anak ATM lucu, Beli yuk!

2. Tabungan Emas

Investasi emas telah terbukti sebagai salah satu cara paling aman untuk melindungi nila tukar uang dari inflasi. Dengan memilih tabungan emas untuk anak-anak, orang tua dapat membantu mereka membangun portofolio investasi yang stabil sejak dini. THR yang disimpan dalam bentuk emas akan terus berkembang nilainya seiring waktu, dan memberikan keamanan finansial yang lebih baik di masa depan.

3. Tabungan Saham

Meskipun berisiko lebih tinggi daripada tabungan tradisional, investasi dalam saham dapat memberikan hasil yang jauh lebih besar dalam jangka panjang. Dengan memilih tabungan saham untuk anak-anak, orang tua dapat membantu mereka memahami prinsip-prinsip dasar investasi dan mengembangkan keterampilan keuangan yang penting.

Baca Juga :   Teh Klaras Khas Probolinggo Tembus Negeri Jiran

Melalui THR yang diinvestasikan dalam saham, anak-anak dapat merasakan manfaat dari pertumbuhan ekonomi dan belajar untuk mengelola risiko secara bijaksana. Namun hal ini tetap harus ada dalam perhatian bolo ya. Jangan sampai hanya asal-asalan supaya uang tabungan juga aman.

4. Tabungan Biasa

Jika bolo masih bingung, coba saja menabung biasa untuk anak-anak. Maksudnya adalah, Bolo warmo membukakan rekening khusus anak. Rekening ini sudah bisa di-atas namakan anak lho. Meski harus tetap dalam pengawasan orang tua.

Tabungan anak biasanya tidak dilengkapi dengan kartu ATM dan mobile banking. Namun tidak ada potongan biaya bulanan. Jadi tujuannya memang hanya untuk menabung melalui teller.

5. Reksadana Anak

Salah satu pilihan investasi dengan risiko ringan adalah Reksadana. Bolo juga bisa membuatkan khusus untuk anak, meski tetap harus memakai nama Bolo untuk berinvestasi. Reksadana anak adalah investasi jangka panjang yang dapat membantu mempersiapkan kebutuhan finansial anak-anak di masa depan, seperti pendidikan tinggi atau modal untuk memulai karier.

Baca Juga :   Hore! Gaji ke 13 Cair Bulan Agustus

Dengan memulai investasi sejak dini, nilai investasi tersebut memiliki lebih banyak waktu untuk tumbuh secara eksponensial melalui kekuatan dari bunga majemuk. Tapi tentu saja, harus tetap bolo awasi dengan baik ya.

Melalui tabungan anak-anak, kita tidak hanya mengajarkan mereka tentang pentingnya menyimpan uang, tetapi juga memberikan mereka landasan finansial yang kuat untuk masa depan yang lebih baik. Seiring dengan berkembangnya zaman, penting bagi orang tua untuk memilih tabungan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan finansial keluarga mereka. Untuk itu, yuk ajak anak kita menabung! (may)