Ini Identitas Korban Longsor, Evakuasi Berlangsung Dramatis

44

Pronojiwo (WartaBromo.com) – Petugas gabungan TNI, Polri dan relawan mengevakuasi jasad warga yang tertimbun longsor pada Kami (18/04/2024) malam di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Korban diketahui bernama Ngatmini (50), warga Dusun Sriti, Desa Sumberurip.

Kasubsihumas Polres Lumajang, Ipda Sugiarto mengatakan, evakuasi korban berlangsung dramatis. “Evakuasi dilakukan petugas Polsek Pronojiwo, anggota Koramil, relawan serta warga masyarakat dengan cara manual,” katanya, Jumat (19/04/2024).

Polisi pun membeberkan kronologi petaka tersebut. Kamis malam, korban bersama suaminya Fatur Rohim, sedang terlelap dalam tidur.

Kondisi sedang hujan. Melihat gelagat kurang baik, tetangga korban sempat membangunkan keduanya. Ketika dibangunkan itu, yang terjaga hanya Fatur Rohim.

“Saat dibangunkan, secara tiba-tiba terjadi tanah longsor dari arah belakang rumah dan langsung menimpa rumah korban. Korban tertimpa tanah longsor dan reruntuhan bangunan rumah,” terangnya.

Baca Juga :   Kejari Endus Dugaan Penyalahgunaan Anggaran di KPU Kota Pasuruan hingga Jeep Dibakar OTK di Bromo | Koran Online 13 Nov

Ketika kejadian, hanya Fatur Rohim dan tetangganya yang berhasil menyelamatkan diri. Sementara korban terjebak reruntuhan dan tanah.

Posisi rumah korban sendiri, berada di bawah tebing ladang salak. Derasnya air hujan dan tidak adanya tanaman penyangga, membuat kondisi tanah di atas rumah korban labil.

Hingga akhirnya tergerus air dan longsor. Sebelum kejadian, kawasan tersebut diguyur hujan sedari pagi. Struktur tanah yang tak mampu menyerap air akhirnya longsor.

Sejauh ini, petugas gabungan masih berupaya mendata kerusakan akibat hujan deras pada Kamis kemarin. (lai/saw)