Bangun PJU di 46 Titik, Dishub Kabupaten Probolinggo Alokasikan Rp 490 Juta

213

Probolinggo (WartaBromo.com) – Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo bakal membangun penerangan jalan umum (PJU) di 46 titik strategis. Anggaran sebesar Rp 490 juta telah dialokasikan untuk pengadaan lampu tersebut.

Dengan nilai anggaran mencapai 490 juta rupiah, maka 1 titik PJU bakal menghabiskan sekitar Rp10,6 juta. PJU ini menggunakan jaringan listrik PLN, bukan sistem panel surya (solar cell).

Menurut Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Windardi bahwa penggunaan jaringan listrik untuk PJU akan memudahkan perawatan, berbeda dengan sistem panel surya. Dimana pengadaan dan perawatannya masih terbilang mahal.

Ia menyebut alokasi anggaran ini sudah direncanakan dan dianggarkan dalam APBD tahun 2024. Lampu PJU akan dipasang di tiga kecamatan, yaitu Kraksaan, Banyuanyar, dan Krucil.

Baca Juga :   TPS di Probolinggo Tak Bersahabat Bagi Difabel

“Lokasi yang dipilih berdasarkan pertimbangan kondisi jalan dan keluhan masyarakat,” sebut Winardi, Jumat (26/4/2024).

PJU ini akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang melintasi jalur tersebut pada malam hari. Karena pada titik-titik tersebut, memungkinkan kecelakaan lalulintas terjadi. Juga tidak adanya tindak kriminalitas.

“Diharapkan dengan adanya PJU ini, masyarakat tidak perlu lagi khawatir saat melewati jalur yang sebelumnya gelap, karena jalannya akan terang benderang,” tandasnya.

Proyek ini masih dalam tahap perencanaan, namun diharapkan akan segera direalisasikan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan bertransportasi di Kabupaten Probolinggo. (saw)