Tips Masak Nasi di Magic Com Agar Tak Cepat Kuning

295

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hampir semua orang kini tak pernah masak nasi menggunakan cara manual, sebab sudah banyak produk magic com bermunculan. Ada tips memasak nasi di magic com agar nasi tak cepat menguning.

Dilansir dari berbagai sumber, magic com adalah alat elektronik yang digunakan untuk menanak sekaligus menghangatkan nasi. Tidak hanya itu, magic com juga dilengkapi dengan kukusan untuk mengukus berbagai jenis makanan.

Sayangnya, beberapa orang mengeluh nasi yang dimasak di magic com cepat berubah warna menjadi kuning dan menimbulkan bau tak sedap. Nah, berikut tips masak nasi di magic com yang bisa Bolo ikuti:

1. Cuci Beras Sampai Benar-benar Bersih

Tips pertama adalah dengan mencuci beras sampai benar-benar bersih. Pastikan air bilasan terakhir sudah berwarna bening dan jernih.

Jangan sampai memasukkan nasi ke dalam magic com dengan keadaan air masih keruh. Hal ini akan membuat nasi tidak bertahan lama di dalam magic com.

2. Jangan Menggunakan Beras Berklorin

Kalau Bolo memilih masak nasi dengan magic com, maka hindari mengkonsumsi beras berklorin. Sebab, beras ini kebanyakan dioplos dan menyebabkan kualitas nasi dalam magic com menurun.

Lebih baik konsumsi beras pulen atau pera bila memasaknya menggunakan magic com. Selain lebih cepat matang, kandungan gizi di dalam berasnya pun maksimal. Beli beras punel di sini.

3. Gunakan Jar Berbahan Stainless Steel

Tips masak nasi di magic com agar nasi tak cepat menguning adalah menggunakan jar berbahan stainless steel. Jar dengan bahan ini tidak menyimpan bau sehingga nasi menjadi lebih awet dan warnanya tidak berubah kuning.

Sedangkan, jar berlapis logam anti lengket relatif menyerap bau. Walaupun nasi tidak basi, namun di waktu singkat nasi bisa basi karena tercemar mau dari jar. (jun)