Puluhan Ular Sanca Tangkapan Damkar DKI Jakarta Dilepasliarkan di Hutan Senduro Lumajang

112

Lumajang (WartaBromo.com) – Puluhan ekor ular sanca asal Jakarta dilepasliarkan di hutan Senduro, Kabupaten Lumajang. Menjadi penghuni baru kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Merupakan hasil tangkapan petugas PMK DKI Jakarta yang diserahkan kepada BKSDA Jawa Timur. Ular dengan berbagai ukuran itu, berjumlah 21 ekor dan dilepasliarkan pada akhir April 2024

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani menyebut, lokasi yang dipilih berada di Resort Pengelolaan Taman Nasional Wilayah Senduro. Sesuai dengan habitat alaminya.

“Lokasi pelepasliaran berada di Blok Ireng-Ireng dan Kali Cilik Kawasan TNBTS dipilih, karena habitat alaminya,” terang Septi pada Selasa (7/5/2024).

Pelepasliaran spesies yang diklasifikasikan sebagai familia Pythonidae itu, merupakan upaya konservasi dan pelestarian. Ular berukuran jumbo tersebut, acap kali dipelihara dan ditaruh di kandang, bukan habitat aslinya.

Baca Juga :   Pemiliknya Positif Covid-19, RSIA Amanah Lockdown hingga Insentif Nakes Covid-19 Di Kota Probolinggo Cair | Koran Online 1 Agustus

“Ini adalah bagian dari upaya konservasi dan pelestarian spesies ular sanca di dalam kawasan taman nasional,” tandas Septi. (lai/saw)